Kamis, 14 Jan 2021 16:29 WIB

Efikasi Vaksin Sinovac di Brasil Merosot ke 50,4 Persen, Ini Kata Satgas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Uji coba vaksin Corona Sinovac di Brasil banyak disorot usai efikasi vaksin diperbaharui. Sebelumnya, efikasi diklaim mencapai 78 persen, tetapi kini disebut hanya mencapai 50,4 persen.

Juru bicara vaksinasi dari Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito ikut menanggapi hal ini. Ia menegaskan data uji klinis seluruh vaksin yang berkembang terus dipantau termasuk vaksin Corona Sinovac di Brasil.

"Kita terus memantau uji coba vaksin corona di dunia terutama vaksin yang masih dalam tahap uji klinis," jelasnya dalam konferensi pers secara live Kamis (14/1/2021).

"Berdasarkan artikel Science Magz, efikasi 50,4 persen vaksin Corona Sinovac di Brasil didapatkan setelah mendapat keseluruhan data uji klinis vaksin termasuk memasukkan kasus COVID-19 bergejala ringan dan tidak membutuhkan perawatan klinis di rumah sakit dalam perhitungan," lanjutnya.

Disinggung terkait cukupkah efikasi vaksin Corona Sinovac di Indonesia 65,3 persen memicu kekebalan kelompok atau herd immunity, Prof Wiku optimis hal tersebut bisa dicapai. Ia menegaskan langkah proteksi terbaik dari Corona terpenting tetap mengedepankan protokol kesehatan dijalankan.

"WHO sudah menetapkan minimal efikasi vaksin Corona di atas 50 persen, dan kita tahu mungkin efikasi vaksin Corona Sinovac yang lebih rendah membutuhkan lebih banyak orang untuk divaksin, itu tantangan bagi Indonesia," tegasnya.



Simak Video "Brasil: Kemanjuran Vaksin Sinovac di Atas 50%"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
DMentor
×
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun Selengkapnya