Kamis, 14 Jan 2021 17:51 WIB

Raffi Ahmad Jadi Sorotan Wartawan Asing, Satgas COVID-19 Angkat Bicara

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral Raffi Ahmad tak pakai masker usai vaksin Media asing ikut menyoroti viralnya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Raffi Ahmad. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Artis dan presenter Raffi Ahmad menjadi sorotan karena tidak mematuhi protokol kesehatan saat menghadiri sebuah pesta. Padahal, sebelumnya ia ditunjuk oleh pemerintah mewakili anak muda untuk menerima vaksin COVID-19 perdana di Istana Merdeka, Jakarta, bersama Presiden Joko Widodo.

Media asing ikut menyoroti kasus viralnya Raffi Ahmad. Seorang jurnalis dari Arab News mengaitkannya dengan strategi komunikasi pemerintah dengan melibatkan artis dan influencer.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengakui apa yang dilakukan Raffi Ahmad keliru. Namun ia tetap berharap ke depan Raffi Ahmad bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat, khususnya anak muda, agar mau dan tidak takut divaksin.

"Kami berharap ke depan Raffi Ahmad bisa berperan banyak mengajak anak-anak muda ingin divaksin," kata Wiku dalam konferensi pers di channel YouTube BNPB, Kamis (14/1/2021).

Wiku pun mengatakan, Raffi Ahmad sudah mengklarifikasi terkait hal ini dan meminta maaf. Di sisi lain, ia tetap mengajak para influencer lainnya untuk ikut mendorong pentingnya vaksinasi COVID-19.

"Hal ini juga sudah diklarifikasi oleh Raffi Ahmad, kita juga nanti ingin mengajak lebih banyak influencer sebagai strategi komunikasi vaksinasi COVID-19," ujarnya.

Sejak Kamis (14/1/2021) pagi, Raffi Ahmad menjadi bahan perbincangan menyusul beredarnya sebuah foto di media sosial. Dalam foto tersebut, ia tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak dengan kerumunan. Padahal beberapa jam sebelumnya, ia baru saja mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"Assalamualaikum, saya Raffi Ahmad. Terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit klarifikasi. Tapi, sebelumnya saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya dan meminta maaf kepada Presiden Jokowi, seluruh staf yang ada di sekretariat presiden, dan sekali lagi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam," ucap Raffi Ahmad dalam klasifikasinya, Kamis (14/1/2021).

"Semalam itu bukan di tempat umum tetapi memang di rumah pribadi salah satu ayahnya teman saya. Di situ kondisinya memang sebelum masuk rumahnya mengikuti protokol. Tapi di dalam kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker dan ada yang foto. Tapi, apapun itu saya meminta maaf atas kejadian ini jadi heboh," sambungnya.



Simak Video "Respons Satgas COVID-19 Lihat Ulah Raffi Ahmad Usai Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)