Jumat, 15 Jan 2021 13:04 WIB

Kata Kemenkes Soal Kontraindikasi Vaksin Corona Sinovac

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksinasi tahap pertama di Kota Bogor dilakukan hari ini. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjadi orang pertama di Kota Bogor yang disuntik vaksin Corona. Vaksinasi vaksin Corona Sinovac. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemerintah sudah mulai melaksanakan program vaksinasi COVID-19. Selain Presiden Jokowi dan jajaran menteri, tenaga kesehatan juga mulai mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19. Apa saja kontraindikasi vaksin Corona?

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada beberapa kontraindikasi vaksin Corona, mulai dari segi usia hingga penyakit penyerta yang dimiliki.

"Untuk vaksin sinovac, usia lebih dari 60 tahun, sedang sakit covid, wanita menyusui dan hamil, dan penyintas COVID, dan ada beberapa kondisi seperti penyakit kelainan imunitas, kanker, hipertensi tidak terkontrol," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (15/1/2021).

Di samping itu, ada catatan mengenai kelompok yang tidak boleh divaksin COVID-19. Dalam petunjuk teknis vaksinasi, vaksin COVID tidak diberikan pada sasaran yang memiliki riwayat konfirmasi COVID-19, wanita hamil, menyusui, usia di bawah 18 tahun dan beberapa kondisi komorbid yang telah disebutkan dalam format skrining.

Selain kontraindikasi vaksin Corona, hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan sebelum melaksanakan vaksinasi. Apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam (≥ 37,5 0C), vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita COVID-19.



Simak Video "Sejumlah Produsen Laporkan Efikasi Vaksin COVID-19, Apa Artinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)