Sabtu, 16 Jan 2021 06:26 WIB

Round Up

Full APD Seberangi Sungai Bawa Jenazah COVID-19 di Kulonprogo, Ini Faktanya

Ayunda Septiani - detikHealth
Twitter @TRCBPBDDIY viral petugas bawa jenazah covid-19 di kulonprogo Perjuangan petugas di Kulonprogo membawa peti jenazah COVID-19 di Kulonprogo (Foto: Twitter @TRCBPBDDIY)
Jakarta -

Foto-foto petugas dengan full APD (alat pelindung diri) membawa peti jenazah menyeberangi sungai, naik-turun bukit, viral di media sosial. Mereka adalah petugas dari Satgas COVID-19 Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Staf Bidang Operasi Posko Dukungan Satgas COVID-19 DIY Endro Sambodo saat dihubungi detikcom menjelaskan, foto-foto ini menggambarkan jalur ekstrem yang dilalui petugas pemakaman di Kelurahan Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo.

"Jadi ada pasien yang meninggal dari RSUP DR Saditjo, yang bersangkutan (yang meninggal) merupakan warga daerah situ dan makam di kampung itu memang posisinya menyeberang sungai," jelas Endro saat dihubungi detikcom, Jumat (15/1/2021).




Kenapa harus lewat jalur yang ekstrem? Menurut Endro, pemilihan jalur menuju pemakaman tersebut sudah disepakati. Alternatif jalur lain ternyata tidak lebih mudah, dan tetap tidak terjangkau ambulans.

"Kemudian kalau opsi menggunakan jalan yang lain menggunakan ambulance, ternyata memutar kurang lebih 3 kilometer, dan ambulance mentok di jalan dan untuk ke makam jalan sekitar 1 kilometer, dan jalan melalui sungai adalah opsi yang disepakati," tambahnya.

Terkait viralnya foto-foto petugas saat menjalankan proses pemakaman dengan protokol COVID-19 tersebut, Endro titip pesan untuk menjauhi risiko penularan. Di antaranya dengan selalu pakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan, serta rajin cuci tangan.



Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)