Senin, 18 Jan 2021 12:33 WIB

Update Kondisi Terkini RSD Wisma Atlet, Hunian Capai 82,73 Persen

Ayunda Septiani - detikHealth
Perkembangan jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona di RSD Wisma Atlet per hari ini, Kamis (17/9) mencatatkan rekor sebanyak 1.066 pasien. Keterisian RSD Wisma Atlet sudah mencapai 82,73 persen. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Koordinator RS Darurat Wisma Atlet, Mayor Jenderal TNI dr Tugas Ratmono, SpS, membeberkan update mengenai RS Darurat COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran. Disebutkan, saat ini hunian pasien Corona di RSD Wisma Atlet mencapai 82,73 persen.

"Jadi pasien kami saat ini ada 4.959 orang, dari bed yang kita siapkan ada 5.994, jadi sekarang sisa 1.035 bed yang tersedia," papar jelas dr Tugas dalam siaran pers di kanal Youtube BNPB, Senin (18/1/2021).

"Ini terdiri dari yang bergejala ringan dan bergejala sedang, bahkan ada yang bergejala berat tentunya ini kita persiapkan untuk kita rujuk ke RS COVID di DKI," tambahnya.

dr Tugas menjelaskan, bahwa untuk merujuk pasien COVID-19 ke RS COVID di DKI saat ini tidak mudah. Tetapi saat ini RS Wisma Atlet sudah menyiapkan ruangan ICU (Intensive Care Unit) transisi sampai 20 bed, HCU (High Care Unit) sekitar 27 bed, kemudian ruang NICU (Neonatus Inteneive Care Unit) 94 bed untuk di IGD.

Bertambahnya pasien Corona yang dirawat juga berpengaruh terhadap tenaga kesehatan. dr Tugas menambahkan, rencananya akan ada penambahan 400 perawat.

"Namun memang saat ini tidak mudah, jadi mulai banyak yang bergejala berat kita rawat di sana dan kita sudah siapkan ada ICU transisi sampai ke 20 bed nantinya, HCU ada 27 bed kemudian, NICU 94 bed di IGD (Instalasi Gawat Darurat)," jelasnya.

"Saat ini, hampir 8 hari sekali kita tambahkan perawat, hari ini kalau tidak salah datang 180 perawat. Kemudian, dokternya kita tambahkan, tenaga non-medis juga kita tambahkan, tenaga farmasi dan lab kita tambah," lanjutnya.

Selain itu, tenaga untuk membersihkan limbah juga ditambah, karena penambahan pasien yang cukup banyak menghasilkan lebih banyak limbah medis.



Simak Video "Kondisi RSDC Wisma Atlet Pasca Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)