Senin, 18 Jan 2021 13:04 WIB

11 Negara Ini Masih 'Bebas' COVID-19, Mana Saja?

Ayunda Septiani - detikHealth
Poster Ilustrasi COVID-19. (Foto ilustrasi: IEdi Wahyono)
Jakarta -

Kasus Corona dunia global sudah tembus lebih dari 95 juta. Bahkan beberapa di antaranya kembali mencatat lonjakan kasus COVID-19.

Data yang dikutip dari Worldometer, per hari ini Senin (18/1/2021) sudah ada 95.482.598 kasus terinfeksi di seluruh dunia, dengan 2.039.653 kematian.

Meski saat ini seluruh dunia masih ditakutkan dengan penyebaran virus Corona COVID-19, namun hingga saat ini masih ada negara yang tidak terkena virus Corona. Dikutip dari laman New York Post, ada beberapa negara yang belum melaporkan adanya kasus virus Corona.

1. The Cook Island

Negara kepulauan dengan populasi sebanyak 17.000 jiwa ini masih belum melaporkan adanya kasus COVID-19 sejak virus corona merebak di dunia.

Negara ini memiliki 15 pulau dengan pulau terbesar bernama Pulau Rarotonga. Tindakan pencegahan yang dilakukan Cook Island dengan melakukan pembatasan sejak dini dan menutup sekolah sejak awal pandemi. Negara kepulauan tersebut juga menerapkan jaga jarak yang sangat ketat kepada para rakyatnya sejak awal pandemi.

2. Tuvalu

Tuvalu merupakan sebuah negara pulau yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan terletak di tengah-tengah antara Hawaii dan Australia.

Negara dengan populasi 11.500 jiwa ini melakukan tindakan seperti, menutup perbatasannya dan mengkarantina orang yang masuk ke negara tersebut selama dua pekan.

3. Tonga

Tonga memiliki nama resmi Kerajaan Tonga. Kerajaan Tonga memiliki populasi 104.000 jiwa. Sejak awal pandemi, negara kepulauan ini mengubah rute kapal pesiar dan menerapkan larangan perjalanan internasional.

4. Pitcairn Islands

Pitcairn Island merupakan negara yang memiliki empat pulau dan terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Negara ini dihuni oleh keturunan pemberontak terkenal dari HMS Bounty dan segelintir tawanan asal Tahiti, yang mendarat di kepulauan itu pada 1789. Pitcairn Island hingga saat ini belum mencatat satupun kasus COVID-19.

5. Palau

Palau memiliki populasi sebanyak 17.900 jiwa. Lebih dari 300 pulau, negara itu menangguhkan semua perjalanan dan memberlakukan karantina ketat bagi warga yang kembali ke rumah.

Niue juga merupakan salah satu negara yang bebas dari Corona. Lebih lanjut, klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]