Senin, 18 Jan 2021 21:51 WIB

Es Krim Terkontaminasi COVID-19, Ahli Virus Angkat Bicara

Zintan Prihatini - detikHealth
Ice Cream Cone Es krim terkontaminasi COVID-19 (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Baru-baru ini ditemukan es krim yang terkontaminasi COVID-19 di China. Saat dilakukan uji pada tiga sampel yang berbeda, ketiganya positif terpapar virus Corona.

Hal itu membuat otoritas anti-epidemi di Kota Tianjin, China Utara, melacak orang-orang yang mungkin berkontak dengan es krim tersebut. Hingga saat ini produk es krim itu telah disegel dan disimpan.

Dikutip dari Sky News, pemeriksaan epidemiologi awal menemukan bahwa perusahaan yang memproduksi es krim menggunakan bahan mentah, di antaranya adalah susu bubuk impor asal Selandia Baru dan bubuk whey impor asal Ukraina.

Di sisi lain, ahli virus yang berasal dari University of Leeds, Dr Stephen Griffin, menuturkan bahwa peristiwa yang terjadi ini, hingga perkembangannya tengah diperiksa lebih lanjut, dan tak perlu jadi hal yang dikhawatirkan.

"Sepertinya ini berasal dari seseorang, dan tanpa mengetahui detailnya, saya pikir ini mungkin sekali saja," ujar Griffin.

"Tentu saja, semua tingkat kontaminasi tidak dapat diterima dan selalu memprihatinkan. Tetapi, kemungkinan besar ini adalah akibat dari masalah di pabrik produksi dan berpotensi dipengaruhi kebersihan pabrik," lanjutnya.

Griffin pun menyatakan bahwa meski es krim berada pada suhu dingin, virus Corona tetap bisa bertahan karena mendapat dukungan dari lemak yang terkandung.

"Kita mungkin tidak perlu panik jika setiap es krim tiba-tiba akan terkontaminasi virus Corona," jelasnya.

Menyusul temuan tersebut, para karyawan tempat es krim diproduksi diminta untuk karantina dan memeriksakan diri sesuai dengan pedoman dari Pusat Pengendalian Penyakit, Tianjin. Sedangkan bagi warga yang telah membeli produk es krim itu diimbau untuk melapor kepada pihak berwenang jika mengalami gangguan kesehatan apapun.

Bagaimana aturan isolasi mandiri jika terpapar COVID-19, dan makanan apa saja yang perlu dihindari?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)