Selasa, 19 Jan 2021 06:30 WIB

6 Tips Jaga Kondisi di Tengah Pandemi Agar Tak Tertular COVID-19

Kanya Anindita - detikHealth
Beautiful female jogger putting protective mask on her face to protect herself from virus or allergy infection. Sunset in background. Tips jaga kondisi di tengah pandemi (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, salah satunya Indonesia, berbagai kebiasaan baru mulai diterapkan hingga menjadi kebiasaan sehari-hari. Mulai dari jaga jarak, rajin mencuci tangan, selalu pakai masker, dan tidak menyentuh area wajah menggunakan tangan.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga perlu ditingkatkan untuk mencegah masuknya virus COVID-19 ke dalam tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi vitamin, makan makanan sehat, kurangi stres, olahraga, dan tidur yang cukup.

Dikutip dari Beaumont.org, berikut 6 tips menjaga kesehatan tubuh selama masa pandemi:

1. Hindari stres

Menurut dr Mateo Valenti, ahli penyakit dalam asal Beaumont, Amerika Serikat, mengurangi stres adalah salah satu komponen terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Melakukan hal-hal seperti olahraga, meditasi, dan ibadah dapat membantu menjernihkan pikiran sehingga tubuh dapat beristirahat.

"Mengurangi stres sehingga Anda dapat fokus pada hidup sehat adalah hal yang paling penting," kata dr Valenti.

2. Tidur yang cukup

Bagi kebanyakan orang dewasa, tidur yang dibutuhkan adalah tujuh hingga delapan jam, sedangkan anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

"Tidur yang baik memungkinkan tubuh untuk meremajakan sel-sel dan melawan infeksi virus bersama dengan pola makan yang baik dan seimbang," ungkap dr Valenti.

3. Makan banyak buah dan sayuran

Mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur harus memberikan cukup seng, vitamin D, mineral, serta vitamin penting lainnya untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

4. Menjaga berat badan

Untuk menjaga berat badan, dr Wendy Miller dari Beaumont Weight Control Center menyarankan agar menjauhi makanan olahan, seperti kerupuk, keripik, roti dan permen, serta makanan yang digoreng. Mengonsumsi makanan rendah lemak serta sayuran dan buah dapat membantu berat badan terjaga.

Menurut dr Miller, makanan olahan tidak akan membuat Anda kenyang, justru membuat Anda ingin makan lebih banyak. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan.

5. Olahraga

Aktifitas fisik selama 30 hingga 60 menit secara rutin akan membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Tidak perlu dilakukan secara berlebihan karena terlalu banyak olahraga dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh.

6. Minum banyak air putih

Rajin minum air putih dapat menjaga hidrasi agar tubuh tidak kekurangan cairan. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membuat tubuh menjadi lemas bahkan pingsan.



Simak Video "Pentingnya Asupan Protein di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)