Selasa, 19 Jan 2021 13:34 WIB

Termasuk Bijak Gunakan Gadget, Ini 5 Tips Parenting Syekh Ali Jaber

Zintan Prihatini - detikHealth
Ali Saleh Mohammed Ali Jaber Foto: Lintang Jati Rahina / 20detik
Jakarta -

Meski telah meninggal dunia, semua ilmu dan dakwah Syekh Ali Jaber semasa hidup akan selalu diingat dan dijalani jamaahnya. Syekh Ali Jaber dikenal anaknya sebagai sosok yang membanggakan dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya.

Ia pun kerap menyampaikan bagaimana tips parenting yang bagus dalam Islam. Pada Januari 2020 lalu, almarhum Syekh Ali Jaber menyampaikan dakwah serta pesan bagi orang tua muslim melalui kanal Youtube pribadinya.

Dalam video tersebut, ia berpesan agar jangan sampai anak tidak membutuhkan orang tuanya untuk menjadikan mereka tempat berkeluh kesah, apalagi sampai tak memedulikan ajaran agama.

"Kalau anak tidak bisa curhat sama orang tuanya, menurut saya orang tuanya tidak pantas jadi orang tua. Kalau anak enggak bisa merasa nyaman sama orang tuanya, berarti dia tidak bisa menjadi imam yang baik untuk anaknya," ucap Syekh Ali Jaber kala itu, seperti dikutip dari YouTube resminya.

Ia pun membagikan tips parenting dalam Islam yang menurutnya disesuaikan dengan kondisi saat ini, yaitu zaman ketika teknologi berkembang pesat serta godaan fitnah begitu besar. Berikut kiat-kiat parenting yang diberikannya:

1. Orang tua senantiasa menjadi tempat curhat bagi anaknya

Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa orang tua seharusnya menjadi tempat curhat bagi anaknya. Jangan sampai terjadi anak yang takut untuk curhat, apalagi lebih percaya dengan orang lain.

"Kalau anak sudah ketakutan sama orang tuanya, wallahi dia akan curhat di luar. Bisa terbuka aib rumah di luar gara-gara cara kita di dalam rumah. Akhirnya apa? Jatuhnya di tangan orang yang buruk, orang yang jahat. Salah arahkan, akhirnya jadi anak kita yang tidak saleh," ujar Syekh Ali Jaber.

"Baru kita menyesal, kalau sudah mendengar perilaku-perilaku anak kita. Itu dosa siapa? Ya dosa kita, tetap tanggungjawab kita," lanjutnya.

Apa saja tips parenting ala Syekh Ali Jaber lainnya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Yuk Mulai Hitung-hitung Kadar Kalori Camilan yang Baik Buat Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)