Jumat, 22 Jan 2021 06:55 WIB

5 Obat Vertigo Alami yang Mudah Ditemukan

Farah Nabila - detikHealth
vertigo Ilustrasi vertigo (Foto: istock)
Jakarta -

Vertigo merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan orang dewasa. Orang yang mengalami vertigo biasanya akan merasakan pusing hingga tidak bisa melakukan apapun.

Biasanya, vertigo adalah gejala dari kondisi medis yang mendasari atau beberapa kondisi berbeda. Terkadang, vertigo hanya terjadi satu kali, tetapi vertigo bisa terjadi berulang sampai penyebab utamanya ditentukan.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa penyebab seseorang dapat mengalami vertigo. Salah satu jenis vertigo yang paling umum disebut benign positional paroxysmal vertigo (BPPV). Ini disebabkan oleh endapan yang menumpuk di telinga bagian dalam, yang menavigasi rasa keseimbangan tubuh.

Sementara itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo seperti neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere. Untuk mengatasinya, ada beberapa pengobatan alami yang dapat digunakan untuk meredakan vertigo.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa cara mengatasi vertigo secara alami.

1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba telah terbukti sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati vertigo. Ginkgo biloba dapat mengatur aliran darah ke otak untuk meredakan pusing dan masalah keseimbangan. Saat peredaran ke darah otak lebih lancar, masalah pusing dan keseimbangan karena vertigo dapat berkurang.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam International Journal of Otolaryngology menemukan Ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat betahistine dalam mengelola vertigo.

2. Teh jahe

Teh jahe dapat menjadi pengobatan alami untuk mengurangi vertigo. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan jahe dapat mengurangi efek vertigo.

Untuk membuatnya, rebus akar jahe dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Tambahkan madu untuk membantu meredakan rasa pahit. Minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu mengatasi pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

3. Kacang almond

Kacang almond kaya akan vitamin A, B, dan E. Makan segenggam almond setiap hari dapat membantu meredakan gejala vertigo.

4. Minum banyak air putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan air putih dapat meminimalkan masalah pusing dan keseimbangan. Sebab dehidrasi bisa menyebabkan gejala vertigo. Bahkan dehidrasi ringan dapat memicu kondisi tersebut.

5. Minyak esensial

Minyak esensial dapat menjadi merupakan pilihan pengobatan alami untuk mengatasi gejala vertigo, termasuk mual, sakit kepala, dan pusing. Beberapa pilihan minyak esensial yang dapat mengatasi vertigo seperti peppermint, jahe, lavender, dan lemon.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)