Jumat, 22 Jan 2021 16:36 WIB

Dinkes Sleman: Bupati Positif Bukan karena Divaksin COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sebanyak 14 tenaga medis di Depok menjalani proses vaksinasi COVID-19. Para tenaga medis itu disuntik vaksin Sinovac. Foto: Dedy Istanto/Detikcom
Jakarta -

Bupati Sleman Sri Purnomo terkonfirmasi positif COVID-19 setelah pekan lalu menerima vaksin Corona Sinovac. Saat ini Sri Purnomo melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di Rumah Dinas Bupati.

Usai dinyatakan positif, Sri Purnomo dikabarkan menjalani CT Scan Thorax di rumah sakit. Pihak rumah sakit menyatakan hasilnya bagus dan paru-parunya bersih.

Berkaitan dengan positifnya Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr Joko Hastaryo kembali menegaskan bahwa positifnya Sri Purnomo tidak ada hubungannya dengan pemberian vaksin COVID-19 Sinovac pada 14 Januari lalu.

"Bapak Bupati kondisinya positif bukan karena divaksin, justru kalau sudah divaksin gejala COVID tersebut tidak akan terlalu berat dibanding bila belum divaksin," tegasnya.

Joko menjelaskan karena aktivitas Bupati yang tinggi dan bertemu dengan banyak tamu-tamu, kemungkinan besar ia tertular dari aktivitas tersebut. Saat ini sudah dilakukan tracing terhadap istri dan anak dan hasilnya dinyatakan negatif.

"Untuk besok pagi Jum'at 22 Januari akan dilakukan tracing terhadap staf yang melakukan kontak erat dengan beliau di lingkup Sekretariat Kabupaten Sleman di Pendopo Parasmya," tambahnya.

Tanggapan Kementerian Kesehatan

Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi dalam keterangan tertulis menyampaikan jika melihat rentang waktunya, sangat mungkin pada saat Bupati divaksin, ia sudah dalam masa inkubasi, artinya sudah terpapar virus tapi belum bergejala.

Terlebih vaksin COVID-19 yang diberikan pada Sri Purnomo berjenis inactivated, sehingga vaksin bukan penyebab ia terkena Corona.

"Secara alamiah, waktu antara paparan dan munculnya gejala/load virus sedang tinggi adalah sekitar 5-6 hari (waktu yg pas, karena divaksin tanggal 14 Januari sementara hasil swab PCR positif tanggal 20 Jan," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (22/1/2021).



Simak Video "Kata Kemenkes soal Bupati Sleman Positif Corona Usai Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)