Minggu, 24 Jan 2021 17:16 WIB

Istri Sule Nathalie Holscher Keguguran, Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sule dan Nathalie Holscher foto pre-wedding Foto: dok. Instagram @panjikomara
Jakarta -

Kabar duka dibagikan oleh istri Sule, Nathalie Holscher. Nathalie Holscher mengalami keguguran usai sebelumnya mengumumkan kehamilannya di Desember 2020 lalu.

Natalie Holscher membagikan cerita tersebut di laman Instagram Stories-nya. Nathalie Holscher memberikan semangat untuk dirinya yang tengah sedih karena kehilangan janin yang dikandung.

"Sebenernya sedih tapi harus semangat!" tulis Nathalie Holscher.

Penyebab wanita mengalami keguguran tentu beragam, tetapi ada beberapa hal umum yang menjadi penyebabnya. Berikut tiga penyebab wanita mengalami keguguran dikutip dari Web MD.

1. Masalah pada rahim hingga serviks

Mulut rahim atau serviks bisa mengalami kondisi rahim abnormal. Kondisi ini disebabkan septate uterus yang membagi rahim menjadi dua bagian.

Wanita yang mengalami kondisi ini biasanya perlu melakukan operasi sebelum merencanakan kehamilan. Semata-mata mengurangi risiko keguguran.

Adapula sindrom Asherman saat jaringan luka di rahim merusak endometrium atau dinding rahim. Saat wanita mengalami kondisi ini, ia bisa mengalami keguguran berulang, ada juga dua kondisi lain penyebab keguguran yaitu fibroid dan cervical insufficiency atau saat serviks membuka terlalu lebar.

2. Kondisi medis

Kondisi medis beberapa wanita seperti infeksi juga bisa menyebabkan keguguran. Termasuk infeksi seperti rubella, penyakit jangka panjang yang tak terkontrol dengan baik termasuk diabetes dan tekanan darah tinggi juga bisa memicu kondisi tersebut.

Penyebab lainnya adalah seperti berikut.

- Penyakit tiroid, lupus, dan gangguan autoimun lainnya
- Infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, sifilis, atau HIV
- Masalah pembekuan darah yang menghalangi pembuluh darah yang membawa aliran darah ke plasenta.

Kondisi apa lagi yang bisa menjadi penyebab seorang wanita mengalami keguguran? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2