Minggu, 24 Jan 2021 21:00 WIB

Terpopuler Sepekan

Catat! Ini 10 Ciri-ciri Orang Terkena Virus Corona yang Perlu Diketahui

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Ciri-ciri atau gejala orang yang terinfeksi COVID-19. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Saat ini, ciri-ciri orang terkena virus Corona semakin beragam. Gejala yang muncul meliputi batuk kering, demam, hingga merasa kelelahan.

Tetapi, ini tidak selalu bisa disadari langsung oleh yang merasakan dan cukup sulit untuk memastikannya. Agar lebih pasti, disarankan untuk menjalani tes Corona.

Namun, agar lebih waspada berikut ciri-ciri orang terkena virus Corona yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Sakit kepala yang berulang-ulang

Ahli jantung dari London, Dr Dominic Pimenta mengatakan sebanyak 70 persen pasien Corona mengalami sakit kepala. Meski bukan termasuk gejala khas COVID-19, jika sakit kepala terjadi berulang-ulang itu perlu diwaspadai.

Dikutip dari Cosmopolitan, bisa jadi itu termasuk ciri-ciri atau gejala awal dari COVID-19 dan disarankan untuk segera melakukan tes Corona.

2. Merasa sesak napas

Ciri-ciri orang terkena virus Corona lainnya yaitu bisa mengalami sesak napas. Berdasarkan studi yang dirilis di JAMA, gejala ini bisa bertahan lama dan mungkin disebabkan karena peradangan yang terjadi cukup lama di paru-paru.

"Kalau sudah begini, mungkin penyakit yang kamu alami sebelumnya adalah COVID," kata dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine Dr William Schaffner, MD.

3. Nyeri dada

Nyeri dada juga bisa menjadi gejala orang saat terinfeksi COVID-19. Ini dialami seorang pasien bernama Kerrie Noth, yang dirawat selama 36 hari.

Ia mengaku sering merasakan seperti terbakar dan muncul rasa kesemutan di area sekitar dada serta lehernya. Tak hanya itu, jantungnya juga sering berdebar-debar sampai muncul rasa tidak nyaman yang cukup ekstrim di bagian dada dan tulang rusuk.

Apa lagi ciri-ciri orang yang terkena virus Corona? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Satgas soal Laporan Kasus Covid-19 di RSCM: Ada Sedikit Peningkatan"
[Gambas:Video 20detik]