Senin, 25 Jan 2021 05:55 WIB

7 Kebiasaan Sehat yang Bantu Tangkal COVID-19

Farah Nabila - detikHealth
Close up of sporty woman tying shoelace while kneeling outdoor, In background bridge. Fitness outdoors concept. Olahraga bisa membantu memperbaikin imunitas tubuh (Foto: iStock)
Jakarta -

Sistem imun tubuh yang baik menjadi prioritas utama dalam masa pandemi COVID-19. Untuk menghindari kondisi tubuh menurun, penting untuk memulai kebiasaan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Upaya menjaga sistem imun tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral. Tak hanya makanan saja, menjalani kebiasaan tertentu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah berbagai virus yang menyebabkan penyakit.

Dikutip dari Bustle, ada beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

1. Mengurangi stres

Stres adalah salah satu cara tercepat untuk menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkan rutinitas pengelolaan stres yang baik.

Beberapa cara mengurangi stres di antaranya bermeditasi, olahraga, istirahat yang cukup, atau menghirup aroma terapi.

2. Olahraga

Olahraga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut Harvard Health, olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi yang baik, yang memungkinkan sel dan zat sistem kekebalan bergerak bebas ke seluruh tubuh dan melakukan tugasnya secara efisien.

3. Banyak minum air putih

Ketika kita mengalami dehidrasi ringan, itu akan menyebabkan respons stres yang akan menekan respons kekebalan tubuh. Oleh karena itu, banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Satu studi dari University of Chicago menemukan bahwa orang yang hanya tidur empat jam semalam selama satu minggu menghasilkan setengah jumlah antibodi pelawan flu dibandingkan mereka yang tidur 7 hingga 8 jam.

5. Berpikir positif

Berpikir positif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi dari University of Kentucky menemukan bahwa ketika orang menjadi lebih optimis, mereka menunjukkan kekebalan yang dimediasi oleh sel yang lebih kuat, banjir sel kekebalan yang menanggapi invasi oleh virus atau bakteri asing.

Menyingkirkan hal-hal negatif tidak hanya membuat semangat tetap tinggi, tetapi ini juga akan membuat tubuh tetap kuat.

6. Membatasi jumlah antibiotik

Alih-alih langsung mengonsumsi antibiotik saat ada tanda-tanda penyakit, cobalah mencari pengobatan alternatif terlebih dahulu. Banyak pengobatan alami yang mudah ditemukan dan dipercaya dapat menyembuhkan masalah kesehatan tertentu.

"Selama bertahun-tahun, pemberian antibiotik yang berlebihan menyebabkan terciptanya superbug yang resisten terhadap strain bakteri tertentu," kata pelatih kesehatan holistik Chef Amanda Anderson.

"Semakin banyak mereka terbiasa dengan bakteri, semakin baik mereka menyerang dan menjadi lebih kuat," ujarnya. Dua penelitian berbeda juga menemukan bahwa cara antibiotik membunuh mikroba di usus dapat menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh, termasuk penurunan jumlah sel darah putih.

7. Tertawa

Menurut sebuah studi dari Alternative Therapies in Health and Medicine, tertawa dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kadar sel pembunuh alami, sejenis sel darah putih. Tertawa juga meningkatkan detak jantung dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke jaringan tubuh.



Simak Video "Perkembangan Laju Kasus Covid-19 di Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)