Rabu, 27 Jan 2021 22:08 WIB

Cerita di Balik Terpilihnya Madinah Jadi Salah Satu Kota Tersehat di Dunia

Farah Nabila - detikHealth
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Berada 5km dari masjid Nabawi atau sebelah tenggara di luar kota Madinah. Memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua diantaranya dibuka untuk jamaah Pria dan 1 untuk jemaah wanita. 

Masjid ini memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga memiliki enam kubah besar, masing-masing berdiameter 12 meter dan 56 kubah kecil yang berdiameter enam meter. Kota Madinah (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Kota Madinah di Arab Saudi sebagai salah satu kota yang paling sehat di dunia. Madinah mendapatkan akreditasi, usai tim WHO menyebut kota tersebut memenuhi standar global yang diperlukan untuk menjadi kota sehat.

Madinah juga diyakini sebagai kota pertama di dunia yang diakui sebagai kota paling sehat yang sesuai dengan standar WHO. Ada 22 organisasi pemerintah, komunitas, lembaga amal, hingga relawan di sana membantu mempersiapkan akreditasi WHO tersebut.

"Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial tersebut serta memperluas sumber daya komunitas yang memungkinkan orang untuk saling mendukung satu sama lain, dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal," kata WHO yang dikutip dari Arab News, Minggu (24/1/2021).

Madinah merupakan kota yang paling dirindukan bagi umat muslim. Madinah menjadi salah satu dari kota suci karena ada Masjid Nabawi yang didirikan langsung oleh Rasulullah SAW.

Umat Muslim sangat dianjurkan untuk mengunjungi Masjid Nabawi. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam hadits riwayat Imam Bukhari nomor 1189 dan Imam Muslim nomor 1397.

Bagaimana sejarah Madinah yang ditetapkan sebagai kota tersehat di dunia oleh WHO?

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Vaksinasi Corona Jadi Syarat Wajib Bagi Jemaah Haji"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)