Kamis, 28 Jan 2021 15:18 WIB

Simak, Ini Tanda-tanda Infeksi COVID-19 pada Mulut

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi lidah Kenali tanda-tanda infeksi COVID-19 pada mulut. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Gejala COVID-19 yang timbul akibat infeksi virus Corona bisa berbeda-beda pada setiap orang. Salah satu gejalanya, penyakit ini bisa menyebabkan peradangan di dalam mulut.

Dikutip dari Express UK, sebuah studi menemukan bahwa sebanyak 25 persen pasien COVID-19 mengalami peradangan di lidah atau benjolan di mulut mereka. Studi ini telah diterbitkan dalam British Journal of Dermatology.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang. Pasien-pasien ini dirawat antara tanggal 10-25 April 2020 di rumah sakit IFEMA, Madrid.

Para peneliti menemukan bahwa setidaknya 1 dari 4 pasien mengalami perubahan pada lidah mereka. Di antaranya yang paling umum adalah munculnya tonjolan-tonjolan kecil pada lidah atau pembengkakan pada papil lidah (transient lingual papillitis).

Selain itu, peneliti juga melaporkan sebanyak 6,9 persen pasien COVID-19 mengalami stomatitis aphtous atau kerap disebut sebagai sariawan. Sementara sebanyak 6,6 persen yang lain mengeluhkan peradangan pada lidah, yang menyebabkan lidah mereka menjadi bengkak dan kemerahan.

Kemudian, hampir 4 persen pasien COVID-19 dalam penelitian tersebut mengalami bercak-bercak putih di permukaan lidah mereka. Beberapa pasien pun mengeluhkan bibirnya menjadi sangat kering dan terasa perih.

Sementara itu, ahli epidemiologi dari King's College London, Profesor Tim Spector, pun mengatakan bahwa adanya peningkatan kasus orang yang terinfeksi Corona mengalami gejala yang tidak nyaman di mulutnya, seperti lidah yang terlapisi sesuatu.

Ia menjelaskan, 1 dari 5 orang yang terkena COVID-19 menunjukkan gejala yang kurang umum, seperti COVID tongue.

"Satu dari lima orang dengan COVID-19 mengalami gejala yang kurang umum dan tidak tercantum dalam daftar PHE resmi, seperti ruam kulit, Covid tongue, dan sariawan tak biasa di mulut," tulis Prof Spector dalam Twitter yang dikutip dari Metro UK, Jumat (15/1/2021).



Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)