Minggu, 31 Jan 2021 05:30 WIB

Masker Dua Lapis Lebih Ampuh Tangkal COVID-19? Ini Kata Ahli

Kanya Anindita - detikHealth
teenage girl wearing fabric mask for protect pm2.5 and Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/Premyuda Yospim
Jakarta -

Menurut penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), masker dapat mengurangi penyebaran virus Corona hingga lebih dari 70 persen. Jika memakai satu masker saja sudah membantu mencegah penyebaran virus Corona, apakah memakai dua masker sekaligus menjadi lebih baik?

Profesor dan Ketua Anestesiologi di Wake Forest Baptist Health, Scott Segal, MD, mengatakan sejauh ini sedikit data ilmiah yang menunjukkan kerugian memakai masker lebih dari satu lapis. Sementara itu manfaatnya mungkin lebih besar.

"Mengenakan dua masker mungkin merupakan ide yang masuk akal jika kemampuan filtrasi satu masker tidak terlalu kuat," kata dr Segal seperti dikutip dari Health.

Sebagian besar penelitian, termasuk penelitian oleh dr Segal, menemukan bahwa masker dengan lebih dari satu lapisan kain dinilai efektif menyaring partikel virus COVID-19. Dua lapisan kain pada sebuah masker dinilai lebih ampuh menangkal virus COVID-19 dibandingkan masker dengan satu lapisan saja.

Pakar penyakit menular di Universitas Johns Hopkins, Maryland, Amesh Adalja, MD, setuju bahwa masker dengan dua lapisan lebih baik dibandingkan masker dengan satu lapisan saja. Tentunya didukung dengan kualitas bahan masker yang baik pula.

"Masker yang paling tepat untuk menangkal COVID-19 adalah masker medis atau masker kain yang memiliki dua lapisan," kata dr Leonard Krilov, MD, kepala Penyakit Menular Anak di Rumah Sakit NYU Langone, Long Island.

CDC merekomendasikan agar memilih masker dengan dua atau lebih lapisan kain yang dapat dicuci dan tetap memudahkan penggunanya untuk bernapas. Masker harus benar-benar menutupi hidung dan mulut serta pas dengan sisi wajah Anda (tidak ada celah). Jangan memakai masker dengan bahan kain yang membuat Anda sulit bernapas.



Simak Video "Kelebihan dari Menggunakan Kombinasi Masker Medis dan Kain"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)