Selasa, 02 Feb 2021 12:15 WIB

Vaksin COVID-19 Sinovac yang Diproduksi Bio Farma Akan Punya Kemasan Baru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kemasan vaksin COVID-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww. Vaksin Sinovac punya kemasan baru. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Ada perbedaan kemasan vaksin yang digunakan di program vaksinasi perdana di Indonesia dengan yang akan diproduksi Bio Farma. Hal ini disampaikan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir di sela-sela kedatangan vaksin COVID-19 tahap keempat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Untuk diketahui bahwa kemasan vaksin COVID-19 kali ini akan diberi nama COVID-19 Vaccine. Ini memiliki kemasan yang berbeda dengan sebelumnya yang didistribusikan yaitu CoronaVac," ujarnya di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/2/2021).

Kemasan vaksin Sinovac sebelumnya atau CoronaVac, yang datang sebanyak 3 juta dosis, diimpor langsung dari China dan dikemas dalam bentuk single dose atau dosis tunggal. Satu dus berisi 40 vial atau 40 dosis.

Sementara vaksin COVID-19 yang akan diproduksi di Bio Farma akan dikemas dalam multidose, di mana satu vial berisi 10 dosis. Vaksin dikemas dalam dus berisi 10 vial.

"Perbedaan kemasan ini tidak akan membedakan kualitas dari vaksin COVID-19 tersebut," tegasnya.

Untuk diketahui, hari ini Indonesia kembali menyambut kedatangan 11 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac. Sebanyak 10 juta dosis dalam bentuk bulk dan 1 juta vaksin overfill dalam bentuk setengah jadi.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)