Kamis, 04 Feb 2021 08:31 WIB

Belanda Kembangkan Alat Tes Cepat COVID-19 Melalui Embusan Napas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
negative feelings concept - portrait of amazed beautiful 20s girl covering her mouth for gag metaphor,studio shot on gray background Foto: Thinkstock
Jakarta -

Belanda akan segera menggunakan tes cepat COVID-19 melalui embusan napas yang akan dipakai di beberapa tempat untuk mempercepat proses pengujian Corona.

Salah satu fasilitas di Amsterdam adalah yang pertama mulai menggunakan SpiroNose, alat tes Corona yang mengharuskan seseorang menghirupnya untuk menunjukkan kemungkinan infeksi virus Corona dalam satu menit.

Dikutip dari Reuters, setelah berbulan-bulan uji coba, otoritas kesehatan Belanda menemukan SpiroNose dapat diandalkan dalam kasus hasil tes negatif, pakar penyakit menular Mariken van der Lubben dari layanan kesehatan kota Amsterdam mengatakan kepada Reuters.

"Jika Anda diuji secara negatif, maka itu hasil yang sangat dapat diandalkan dan Anda bisa pergi," kata Van der Lubben.

Apabila hasilnya positif, maka mereka diharuskan melakukan tes PCR ntuk memastikan apakah infeksi yang terdeteksi disebabkan oleh virus Corona.

Layanan kesehatan Belanda telah memesan sekitar 1.800 mesin dengan rencana untuk memperkenalkannya di fasilitas pengujian di seluruh negeri dalam beberapa bulan mendatang.

"Ini adalah teknologi yang menjanjikan, terutama karena kecepatannya, Anda bisa mendapatkan hasil dalam satu menit," kata ahli virologi Belgia, Marc Van Ranst.

Van Ranst mengatakan periode tes yang panjang tetap diperlukan untuk membandingkan tes napas dengan tes PCR. Hal ini juga bertujuan untuk melihat apakah tes napas juga dapat mendeteksi berbagai virus.



Simak Video "Intip Teknologi Biosensor Pendeteksi COVID-19 dalam 3 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)