Jumat, 05 Feb 2021 07:31 WIB

Round Up

Begini Mekanisme Vaksinasi COVID-19 untuk Masyarakat Umum

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksinasi tahap pertama di Kota Bogor dilakukan hari ini. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjadi orang pertama di Kota Bogor yang disuntik vaksin Corona. Masyarakat umum yang terima vaksin COVID-19 bakal dapat SMS. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemerintah menargetkan sekitar 181 juta penduduk Indonesia divaksinasi COVID-19. Proses vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan tenaga kesehatan sebagai penerima pertama.

Kelompok selanjutnya yakni petugas pelayanan publik sebelum akhirnya masyarakat umum. Diperkirakan vaksinasi Corona untuk masyarakat umum bisa dimulai sekitar akhir April atau awal Mei mendatang.

Mekanisme pemberian vaksin COVID-19 untuk masyarakat umum disebut akan sama dengan tenaga kesehatan. Penerima vaksin akan menerima undangan melalui SMS.

"Masyarakat juga akan menerima undangan lewat SMS dan selanjutnya dapat melakukan registrasi sebelum menerima vaksinasi," ujar juru bicara penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum nantinya menggunakan sistem satu data vaksinasi COVID-19. Kerja sama untuk pendataan dilakukan oleh Telkom, Kominfo, BPJS, Kemenkes, dan Kemenko Perekonomian.

Sampai saat ini total yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 sekitar 700 ribu orang untuk dosis pertama dan 96 ribu sudah menerima dosis vaksin COVID-19 kedua.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)