Jumat, 05 Feb 2021 12:59 WIB

KAI Operasikan GeNose, 6 Calon Penumpang di Yogya Terindikasi COVID-19

Pradito Rida Pertana - detikHealth
PT KAI (Persero) melakukan uji coba penggunakan GeNose untuk mendeteksi COVID-19 di Stasiun Senen, Jakarta. Calon penumpang tampak antusias. Ilustrasi tes GeNose C-19 (Foto: Pradita Utama)
Yogyakarta -

PT KAI wilayah Daop 6 menyebut ada ratusan calon penumpang yang menggunakan GeNose sebagai syarat perjalanan jarak jauh. Selama soft launching hingga hari ini tercatat ada 6 calon penumpang yanh terindikasi COVID-19.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto mengatakan, bahwa sebenarnya hari ini hari pertama penggunaan GeNose di Stasiun Tugu Yogyakarta. Sedangkan untuk tanggal 3-4 masih dalam ujicoba penggunaan GeNose di Stasiun tersebut.

"Untuk ujicoba tanggal 3 (Februari) ada 167 (calon penumpang), tanggal 4 kemarin ada 263 dan hari ini, sampai jam 11 sudah ada 255 yang melakukan pemeriksaan dengan GeNose," katanya saat ditemui di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kemantren Gedongtengen, Kota Yogyakarta, Jumat (5/2/2021).

Sedangkan untuk jumlah calon penumpang yang melakukan test antigen seharga Rp 105 ribu ada 40-50 orang. Jumlah itu hingga pukul 11.00 WIB.

Menyoal berapa jumlah calon penumpang yang terindikasi COVID-19 setelah test GeNose, Supriyanto mengakuinya. Jumlah itu akumulasi dari uji coba hingga hari ini.

"Dari laporan yang masuk kemarin (Kamis 4/2/2021) ada 3 (calon penumpang) dan hari ini ada 3, jadi total ada 6," ucapnya.

"Nah, selanjutnya mereka tidak boleh naik kereta dan tiket dikembalikan 100 persen. Mereka juga diarahkan untuk pulang," imbuh Supriyanto.

Diberitakan sebelumnya, PT KAI Daop 6 mulai menggunakan GeNose C-19 sebagai salah satu alternatif pemeriksaan kesehatan yang menjadi syarat perjalanan penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Tugu Yogyakarta besok, Jumat (5/2/2021). Namun, KAI Daop 6 tetap menyediakan test rapid antigen kepada calon penumpang.

"GeNose secara resmi mulai digunakan tanggal 5 (Februari), sementara ini baru Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Pasar Senen," kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto saat ditemui di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kemantren Gedongtengen, Kota Yogyakarta, Kamis (4/2/2021).

Dia menjelaskan ada 5 bilik yang digunakan untuk pemeriksaan menggunakan GeNose. Sedangkan untuk tarif, sementara ini Rp20 ribu dan untum tarif pastinya masih dalam pembahasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "200 Kasus Covid-19 'Ganas' di Beijing Teridentifikasi"
[Gambas:Video 20detik]