Minggu, 07 Feb 2021 08:00 WIB

Sekilas Mirip, Ini Cara Mengenali Flu Biasa Vs Gejala COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Puskesmas Kecamatan Gambir aktif melakukan tes swab mencari orang tanpa gejala yang terinfeksi COVID-19. Mereka menyasar petugas PPSU dan para pedagang pasar. Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19, Anda mungkin pernah mendengar bahwa penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) mirip dengan flu (influenza). Baik COVID-19 dan flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus.

Flu biasa dan COVID-19 sekilas memiiki gejala yang mirip. Tetapi melalui perbandingan yang lebih dekat, kedua penyakit itu dapat mempengaruhi orang secara berbeda. Ini cara mengenali flu biasa vs COVID-19.

Kesamaan flu biasa dan COVID-19

Virus penyebab COVID-19 dan flu menyebar dengan cara yang serupa. Keduanya dapat menyebar di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat (dalam jarak 6 kaki, atau 2 meter).

Sama seperti COVID-19, flu juga menyebar melalui droplet yang dilepaskan melalui berbicara, bersin atau batuk. Kedua virus tersebut juga dapat menyebar jika seseorang menyentuh permukaan dengan salah satu virus di atasnya dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau matanya.

COVID-19 dan flu memiliki banyak tanda dan gejala yang sama, termasuk:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah

Dikutip dari Mayo Clinic, baik COVID-19 maupun flu dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut, gagal organ, serangan jantung, radang jantung atau otak, stroke, dan kematian.

Banyak orang dengan flu atau pasien COVID-19 bergejala ringan dapat pulih di rumah dengan istirahat dan minum air yang banyak. Tetapi beberapa orang menjadi sakit parah karena flu atau COVID-19 dan perlu dirawat di rumah sakit.

Bagaimana cara mengenali flu biasa Vs COVID-19?

COVID-19 dan flu memiliki beberapa perbedaan. Gejala COVID-19 dan flu muncul pada waktu yang berbeda karena masa inkubasi virus yang tak sama. Dengan COVID-19, Anda mungkin mengalami kehilangan rasa atau bau.

Gejala COVID-19 umumnya muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar. Gejala flu biasanya muncul sekitar satu hingga empat hari setelah terpapar.

Infeksi Corona punya gejala yang sangat khas, berbeda dari flu. Klik laman selanjutnya untuk melanjutkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Yuk Kenali Lagi Beda Gejala DBD dan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]