Minggu, 07 Feb 2021 14:10 WIB

BPOM Izinkan Vaksin Sinovac untuk Lansia, Ini 3 Syarat yang Diberikan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ribuan tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi COVID-19 di Surabaya. Ada 4 ribu lebih nakes yang disuntik vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19 buatan Sinovac disetujui penggunaan daruratnya untuk lansia oleh BPOM. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19, CoronaVac, buatan Sinovac kepada populasi lansia di atas 60 tahun.

Dalam sebuah dokumen yang ditandatangani Kepala BPOM Penny K Lukito dan ditujukan kepada PT Bio Farma, disebutkan bahwa persetujuan ini diberikan dengan mempertimbangkan keadaan emergency wabah pandemi COVID-19.

Namun, karena masih terbatasnya bukti kemanfaatan dan keamanan vaksin tersebut, maka BPOM memberikan beberapa catatan terkait persetujuan penambahan indikasi dan posologi (dosis) vaksin CoronaVac tersebut.

Ketiga poin yang harus dijalankan adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan studi klinik pasca persetujuan untuk memastikan efektivitas vaksin CoronaVac untuk pencegahan COVID-19.
  2. BPOM berhak untuk meninjau atau mengevaluasi kembali aspek khasiat dan keamanan vaksin apabila ditemukan bukti baru terkait khasiat dan keamanan.
  3. Wajib melakukan pemantauan farmakovigilans (mendeteksi masalah keamanan obat yang belum diketahui) dan pelaporan efek samping obat ke BPOM.

Sementara itu, Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS) menyebut vaksin Sinovac akan diberikan kepada lansia di atas 60 tahun dengan cara disuntikkan ke dalam otot (intramuskular) sebanyak 0,5 mL dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

Sebelum disuntik vaksin COVID-19, lansia juga diimbau untuk melaporkan ke petugas kesehatan bila mengalami beberapa kondisi sebagai berikut.

  • Kesulitan untuk naik 10 anak tangga
  • Penurunan aktivitas fisik (sering merasa kelelahan)
  • Memiliki 4 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker (selain kanker kulit
  • kecil), penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri
  • dada, asma nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)
  • Mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter
  • Penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun.


Simak Video "Alasan BPOM Akhirnya Setujui Vaksin Sinovac untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)