Senin, 08 Feb 2021 10:18 WIB

Ahli WHO Sebut Temukan Bukti Penting Soal Asal-usul Pandemi COVID-19 di Wuhan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tim WHO Akhirnya ke Wuhan Selidiki Asal-Usul Virus Corona Kota Wuhan, China. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menemukan bukti penting soal asal-usul pandemi Corona di Kota Wuhan, China. Hal ini disampaikan oleh ahli zoologi asal New York Peter Daszak, yang merupakan bagian dari tim ahli tersebut.

"Ini adalah awal dari pemahaman yang sangat mendalam tentang apa yang terjadi, sehingga kami bisa menghentikan kejadian berikutnya," kata Daszak yang dikutip dari Daily Star, Senin (8/2/2021).

Daszak mengatakan timnya menemukan 'petunjuk penting' tentang peran pasar basah makanan laut di Huanan, Wuhan, dan kaitannya dengan pandemi COVID-19. Menurut para ahli, masih ada cukup bukti terkait pandemi tersebut, meski pasar sudah ditutup dan dibersihkan beberapa hari pasca epidemi teridentifikasi.

"Orang-orang pergi dengan tergesa-gesa dan meninggalkan bukti-bukti tentang apa yang sedang terjadi. Dan itulah yang kami lihat," ujar Daszak.

"Sekarang kami tahu apa yang tidak diketahui saat itu, bahwa ada kasus asimtomatik atau kasus yang sulit dibedakan dari pilek atau batuk," lanjutnya.

Meski sudah menemukannya, Daszak memilih untuk tidak mengungkapkan soal petunjuk atau bukti tersebut.

Daszak juga mengatakan penting untuk mengidentifikasi berapa banyak kasus asimtomatik yang mungkin terjadi pada tahap paling awal penyakit, dan asal-usulnya. Terkait asalnya, apakah mungkin kasus pertama pandemi ini terjadi pada orang yang melakukan kontak dekat dengan hewan liar seperti yang diyakini pada ahli.

"Itulah maksud semua ini, mencoba memahami mengapa hal-hal ini muncul agar kita tidak terus menerus mengalami kehancuran ekonomi global dan kematian yang mengerikan. Ini bukan masa depan yang bisa dipertahankan," jelasnya.



Simak Video "Respons Tim WHO soal Virus Corona Diimpor ke China Lewat Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)