Minggu, 14 Feb 2021 11:12 WIB

Viral Wanita Cianjur Hamil Tanpa Berhubungan Seks, Mungkinkah?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Positive pregnancy test Viral ibu hamil tanpa berhubungan seks (Foto: Getty Images/iStockphoto/MJ Breiva Photography)
Jakarta -

Baru-baru ini, viral kabar seorang wanita asal Cianjur hamil tanpa pernah berhubungan seks. Dalam dunia medis, fenomena tersebut memang tidak mustahil tetapi hanya bisa terjadi jika ada proses inseminasi buatan atau kondisi lain.

Kemungkinan lainnya adalah hubungan seks yang tidak disadari. Misalnya dalam kasus perkosaan atau pembiusan.

Dokter spesialis kandungan Hasto Wardoyo, SpOG meluruskan, embrio terbentuk jika ada pertemuan sel telur dengan sperma. Dalam proses alami, pertemuan tersebut terjadi karena hubungan seks.

"Secara fisiologis, terjadinya embrio bisa secara seksual melalui pertemuan sel telur dengan sperma. Ini bisa secara alami melakukan hubungan seks. Baik sadar atau misal, ada yang diperkosa dengan pembiusan sehingga tidak sadar," jelas dr Hasto saat dihubungi detikcom, Minggu (14/2/2021).

Dalam dunia medis, kehamilan tanpa hubungan seks mungkin saja terjadi mengandalkan inseminasi buatan. Dalam metode ini, sperma dimasukkan ke dalam rahim wanita saat masa subur dengan bantuan dokter.

Metode lain, In Vitro Fertilization (IVF) atau yang biasa disebut "bayi tabung". Dengan metode ini, pembuahan sperma dan sel telur terjadi di luar rahim. Embrio yang terbentuk kemudian diimplantasikan ke dinding rahim ibu sehingga terjadi kehamilan.

Turut menanggapi kasus viral tentang wanita asal Cianjur hamil tanpa berhubungan seks, dr Hasto menyebutkan bahwa kasus ini bukan yang pertama. Dalam beberapa kasus lainnya, kontak seksual seksual tetap ada. Namun kemungkinan, terjadi di luar kesadaran wanita.

"Bukan hanya kali ini perempuan mengaku tidak sama sekali berhubungan seks, tapi hamil. Padahal sebenarnya ada konteks seksual," terangnya.



Simak Video "Mengapa Ibu Hamil di Indonesia Belum Bisa Vaksinasi COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)