Senin, 15 Feb 2021 18:15 WIB

Korea Selatan Mendadak Tunda Pemberian Vaksin AstraZeneca pada Lansia

Vidya Pinandhita - detikHealth
Uni Eropa Menyatakan Kecewa atas Penundaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Foto: DW (News)
Jakarta -

Per 15 Februari 2021, Korea Selatan memutuskan untuk menunda pemberian vaksin AstraZeneca pada masyarakat berusia 65 tahun ke atas. Pasalnya hingga kini, belum ada hasil uji coba yang menunjukan kemanjuran vaksin buatan University of Oxford tersebut.

Awalnya, vaksin AstraZeneca sempat direncanakan akan diberikan pada 1,3 juta masyarakat Korea Selatan terhitung selama kuartal pertama 2021. Namun dengan keputusan hari ini, AstraZeneca hanya akan diberikan ke 750 ribu orang.

Kekebalan kelompok atau herd immunity diharapkan sudah efektif terbentuk di masyarakat Korea Selatan pada November 2021. Dengan perubahan jadwal pengadaan vaksin dari COVAX, target November tersebut tetap dinilai sebagai langkah bijak.

"Kami tidak percaya bahwa penyesuaian inokulasi pada Februari dan Maret bisa sukses menciptakan kekebalan kelompok pada bulan November ini," ujar Direktur Korea Disease Control and Prevention Agency (KDCA) Jeong Eun-kyeong, dilansir Reuters, Senin (15/4/2021).

Sebelumnya, pemerintah Korea Selatan memang sempat merencanakan pemberian vaksin AstraZeneca untuk lansia. Namun disebabkan belum adanya data tentang kemanjuran vaksin pada lansia, rencana tersebut diundur.

Di samping itu, beberapa negara di Eropa sudah mengingatkan bahwa vaksin AstraZeneca hanya diberikan pada masyarakat dengan rentang usia 18 - 64 tahun.

Akan tetapi, perusahaan vaksin tersebut mengklaim bahwa vaksin keluarannya sudah diuji pada lansia dan terbukti beroleh respon imun yang baik.



Simak Video "Antusiasme Tinggi, Warga Ciamis Antre Vaksinasi Covid-19 Sejak Subuh"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)