Rabu, 17 Feb 2021 09:22 WIB

Videonya Viral, Wanita Ini Mengaku Bisa Keluarkan ASI dari Ketiak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ASI Perah Ilustrasi ASI. (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita asal Amerika Serikat (AS) mengalami perubahan yang tidak biasa selama masa kehamilannya. Lewat sebuah video yang diposting akun @ollieoooop di TikTok, wanita ini mengaku bisa mengeluarkan air susu ibu (ASI) dari ketiaknya.

"Saya akan menunjukkan diri saya, (jadi) mohon bersikap baik pada saya. Jadi, jika Anda seorang ibu atau jika Anda sedang menyusui, mungkin akan tahu apa yang disebut 'pitties'," katanya dalam videonya tersebut.

"Pada dasarnya, Anda memiliki jaringan payudara di ketiak dan terkadang jaringan itu membengkak," lanjutnya.

Kemudian ia menunjukkan bagaimana bagian ketiaknya bisa mengeluarkan susu. Ia meremas ketiak bagian kanannya, lalu memutarnya dengan gerakan lambat hingga keluar cairan berwarna putih dari ketiaknya.

Ibu dari tiga anak ini mengatakan, jika bayinya tidak meminumnya susu itu akan menetes ke lengannya.

"Aku tidak bisa merasakannya keluar, tetapi bajuku basah seperti berkeringat," ujarnya.

Setelah video tersebut diunggah, ratusan wanita mulai berkomentar soal 'hal unik' yang dialaminya. Mereka mengatakan kondisi tersebut sebagai kekuatan super.

"Ini adalah kekuatan super," tulis salah satu wanita yang berkomentar dalam postingannya.

Ibu asal AS tersebut mengaku bisa menghasilkan banyak susu, sehingga ia harus memompanya sampai sekitar 300 ml. Meski jarang terjadi, sebenarnya fenomena ini bukanlah hal yang aneh.

"Pembengkakan di ketiak paling sering terjadi pada awal menyusui, saat suplai ASI sedang dibuat. Jaringan payudara juga tidak ditemukan pada payudara saja," jelas situs Parents.com.

"Ada struktur yang disebut Tail of Spence yang melampaui payudara itu sendiri dan ke ketiak. Karena terhubung ke jaringan penghasil susu di payudara, bagian tubuh itu bisa membengkak," lanjutnya.

Situs tersebut juga menjelaskan, tidak perlu panik karena kondisi yang dialami ibu tiga anak tersebut tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan mudah.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Konsumsi Makanan yang Dihinggapi Kecoa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)