Rabu, 17 Feb 2021 12:00 WIB

Ada 153 Titik Pasar di DKI, Kemenkes Minta Waktu Vaksinasi Hingga 2 Pekan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau program vaksinasi. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Sebanyak 1.500 pedagang di Pasar Tanah Abang hari ini, Rabu (17/2/2021) mulai menjalani kegiatan vaksinasi COVID-19. Namun, vaksinasi pedagang di wilayah DKI Jakarta tidak hanya akan berpusat di pasar tersebut.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS, mengatakan ada 153 titik pasar di wilayah DKI Jakarta.

"Jadi ini di Jakarta sendiri ada 153 titik pasar. Tadi saya dengan Pak Gubernur Anies, kalau bisa bikin kegiatan satu pekan atau dua pekan untuk kegiatan (vaksinasi) pasar. Kami akan back up tenaga vaksinatornya dari Kementerian Kesehatan ataupun dari TNI Polri," katanya saat konferensi pers di lokasi vaksinasi, Rabu (17/2/2021).

"Jadi, bukan dikumpulkan dalam satu tempat di Pasar Tanah Abang, itu bisa datang mobile untuk pasar-pasar lain," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyebut project di Pasar Tanah Abang ini akan menjadi percontohan untuk program vaksinasi di pasar yang ada di provinsi lain.

"Kalau saya nggak salah, di Jabodetabek ada 115 pasar di sana, kita akan lakukan secara bertahap. Ini juga akan jadi model (contoh) di provinsi-provinsi lain," ujar Menkes Budi.



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)