Jumat, 19 Feb 2021 07:00 WIB

Waspada! 4 Penyakit Ini Sering Menyerang di Musim Hujan

Content Promotion - detikHealth
Penyakit saat musim hujan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi. Kondisi cuaca yang lembab dan dingin kerap membuat tubuh menjadi mudah sakit. Oleh karena itu, selain menyiapkan payung dan jas hujan, pastikan tubuh tetap fit juga menjadi hal yang penting dilakukan. Kamu perlu tahu berikut empat penyakit yang sering menyerang tubuh saat musim hujan.

1. DBD

Genangan air yang terjebak di kaleng bekas dan plastik bekas saat musim hujan menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Hal inilah yang menyebabkan penyakit DBD menjadi penyakit yang sering datang saat musim hujan. Untuk mencegahnya, jagalah lingkungan dengan 3M agar tetap bersih dan bebas sampah sehingga tak ada lagi air yang tergenang.

2. Diare

Diare juga menjadi penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Sebab, air hujan dapat menyapu materi feses dan kotoran yang tertumpuk di dalam tanah sehingga membuat sumber air di sekitarnya menjadi tercemar.

3. Leptospirosis

Leptospirosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini biasanya disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri tersebut, termasuk tikus. Penyebaran leptospirosis biasanya disebabkan karena genangan banjir yang membawa kencing tikus serta beberapa jenis hewan lain seperti sapi, anjing atau babi.

4. Flu dan Batuk

Flu dan batuk rasanya menjadi paket lengkap penyakit yang pasti ada di musim hujan. Flu dan batuk biasanya disebabkan oleh virus dan menyerang pada orang yang daya tahan tubuhnya kurang bagus akibat cuaca yang lembab dan sering berubah-ubah saat musim hujan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh di musim hujan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa makan makanan bergizi seimbang, diiringi dengan olahraga teratur agar tubuh tetap bugar.

Kamu juga bisa mengonsumsi tambahan suplemen vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan untuk melindungi diri dari paparan virus.

Foto: Samco Farma

Samcorbex jadi pilihan tepat untuk memenuhi asupan vitamin C Dengan kandungan 500 mg. Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet agar dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian, sekaligus meningkatkan imunitas. Ada juga Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun, sehingga mencegah infeksi COVID-19.

Sebagai informasi, Samcorbex dan Samcemin kini bisa kamu didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa diperoleh melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(ads/ads)