Jumat, 19 Feb 2021 10:45 WIB

Polusi Udara di Rumah Ancam Kesehatan, Begini Cara Mengatasinya

Content Promotion - detikHealth
Winix Air Purifier Foto: dok. Winix
Jakarta -

Bernapas adalah kebutuhan utama setiap makhluk hidup. Bernapas merupakan mekanisme untuk menyerap oksigen dan membuang karbondioksida sehingga organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Paru-paru menjadi organ penting dalam proses pernapasan. Perlu diketahui paru-paru merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Setiap harinya manusia menghirup lebih dari 11.000 liter udara.

Karena udara merupakan aspek krusial untuk tubuh, penting untuk memperhatikan kualitas udara sehari-hari. Udara lingkungan tidak selalu baik setiap harinya.

Polusi udara menyebar di luar maupun dalam ruangan. Menurut EPA (Environmental Protection Agency), tingkat polusi udara di dalam ruangan dua hingga lima kali lebih berbahaya dibandingkan polusi udara di luar.

Sumber Polusi Udara di Dalam Ruangan

Di masa pandemi waktu yang dihabiskan di rumah menjadi lebih banyak. Berbagai kegiatan tanpa disadari menyebabkan polusi udara di dalam ruangan. Berikut ini beberapa hal yang menimbulkan polusi udara ruangan.

1. Asap Rokok

Asap rokok merupakan salah satu polutan yang dapat membahayakan kesehatan. Dalam satu batang rokok mengandung lebih dari 4.000 senyawa kimia berbeda, 400 zat berbahaya dan 43 zat yang bersifat karsinogenik. Asap rokok mengandung kandungan berbahaya seperti nikotin, tar, karbon monoksida, benzena, dan formaldehida yang menyebabkan gangguan pernapasan dan meningkatkan risiko penyakit bagi perokok aktif maupun pasif.

Partikel-partikel dari asap rokok tersebut akan menempel pada rambut, perabotan rumah, pakaian, hingga lantai ruangan dalam beberapa waktu. Hal ini membuat udara dalam ruangan pun tercemar dan membahayakan orang-orang yang berada dalam ruangan atau rumah.

2. Menyapu dan Menggunakan Produk Pembersih Rumah Tangga

Tanpa disadari, aktivitas membersihkan ruangan dengan menyapu dapat menyebarkan debu ke udara. Untuk menghindari hal itu, Lebih baik menggunakan pembersih microfiber atau vakum sebagai pengganti sapu.

Produk pembersih seperti cairan pel, deterjen, dan spray juga mengandung senyawa organik yang mudah menguap atau disebut juga dengan Volatlie Organic Compound (VOC). Senyawa VOC yaitu aseton, bensol,etanol dan formaldehid terkandung di produk pembersih rumah tangga serta furnitur, cat, dan karpet yang dilepaskan di udara dapat menyebabkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan, sesak napas, sakit kepala, kelelahan, mual, dan masalah kulit. Konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru, serta kerusakan pada hati, ginjal, atau sistem saraf pusat.

3. Debu

Debu adalah serbuk halus yang berasal dari tanah dan sebagainya. Dilansir dari Newscience.com, Healthy and Safety Advisor Charles Harrison mengungkapkan debu rumah tangga sebagian besar terdiri dari kulit mati manusia, makhluk mikroskopis, dan serangga mati. Selain itu, debu dapat pula berasal dari partikel kecil seperti pasir, kayu, dan asbes.

Debu dalam jumlah yang kecil mungkin tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, jika bertumpuk, debu dapat mengganggu kesehatan dan berbahaya terutama bagi para penderita asma dan alergi.

4. Jamur dan Ruangan yang Lembap

Ruangan dengan udara yang terlalu lembap merupakan tempat yang cocok bagi jamur, tungau, kecoa, dan bakteri buruk lainnya untuk berkembang biak. Hal ini juga merupakan salah satu polusi udara dalam ruangan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Jamur ataupun bakteri lainnya dalam ruangan dengan kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan iritasi mata, kulit, dan berbagai permasalahan pernapasan bagi orang yang berada dalam ruangan tersebut. Orang-orang yang sensitif seperti penderita asma, umumnya juga lebih terpicu gejala asmanya bila berada dalam ruangan yang lembap dan penuh dengan jamur.

5. Kegiatan Memasak

Menurut WHO, wanita dan anak-anak yang paling rentan terkena dampak dari polusi udara di ruangan. Setiap tahunnya terdapat 3,8 juta kematian akibat pencemaran udara dari aktivitas rumah tangga.

Kegiatan memasak dengan menggunakan bahan bakar seperti kayu, arang dan gas dapat menghasilkan gas polutan seperti karbon monokisda, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, formaldehida, dan radikal bebas yang jika dihirup dapat mengganggu kesehatan. Efek jangka pendek seperti gangguan pernapasan dan jangka panjang seperti kanker, stroke, dan penyakit jantung.

Bagaimana Cara Meminimalisir Polusi Udara dalam Ruangan?

Setelah mengenali polusi udara dalam ruangan, selanjutnya mari memahami langkah untuk meminimalisir polusi udara di rumah. Upaya yang dapat dilakukan, antara lain hindari memasak dalam ruangan tertutup, pilih produk pembersih rumah tangga bebas aseton dan bensol, jaga kebersihan lingkungan dengan rajin mengelap lantai dan benda sekitar. Pastikan sirkulasi udara di rumah tetap lancar dengan membuka ventilasi atau jendela.

Winix Air PurifierWinix Air Purifier Foto: dok. Winix

Untuk ruangan minim ventilasi, air purifier dapat menjadi solusi agar kualitas udara di ruangan Anda tetap baik. Winix, perusahaan asal Korea spesialis di bidangair purifier kini hadir di Indonesia. Winix telah mendapatkan sertifikasi internasional dari AHAM, Energy Star, EL, ECARF & UK Allergy sehingga kualitas dan keamanannya sudah terjamin.

Winix meluncurkan produk terbarunya yaitu Air Purifier Winix Zero Compact tanggal 10 Februari 2021. Air purifier Winix Zero Compact memastikan kualitas udara di ruangan tetap baik dengan empat tahap filtrasi yaitu pre-filter, filter karbon AOC, filter True HEPA, dan teknologi plasmawave.

Teknologi Plasmawave Winix mengeluarkan ion positif dan negatif ke udara yang dapat mengikat dan menghancurkan polutan udara seperti virus dan bakteri dengan aman sehingga udara menjadi bersih dan segar.

Winix Air PurifierWinix Air Purifier Foto: dok. Winix

Air purifier Winix Zero Compact juga dilengkapi dengan mode auto yang mengatur kecepatan kipas secara otomatis sesuai kualitas udara ruangan. Smart Sensor (Particle Sensor) mendeteksi partikel di udara seperti PM 10 dan PM 2.5 yang ditunjukkan lewat lampu indikator kualitas udara ruangan. Tidur pengguna akan semakin nyenyak dengan adanya sleep mode yang dengan suara kipas lebih halus dan lampu unit mati.

Air Purifier Winix Zero Compact dapat diperoleh di Winix Indonesia Official Shop di Shopee. Dapatkan pula harga spesial grand launch di tanggal 10 hingga 28 Februari. Informasi lebih lanjut tentang Winix, kunjungi website Winix www.winix.id dan Instagram Winix https://www.instagram.com/winix.id/

(ads/ads)