Senin, 22 Feb 2021 09:00 WIB

Nekat! Dua Wanita Nyamar Jadi Nenek-nenek Demi Dapatkan Vaksin Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto ilustrasi. (Foto Ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Dua orang wanita di Amerika Serikat (AS) rela menyamar menjadi nenek-nenek demi mendapatkan suntikan kedua dosis vaksin COVID-19 lebih dahulu daripada yang lain.

Dikutip dari laman Daily Mirror, kedua wanita tersebut ternyata berusia 34 tahun dan 44 tahun. Penyamaran mereka pun dihentikan oleh polisi di Orlando Convention Center, Florida.

Awalnya, kedua wanita tersebut mengaku bahwa dirinya berusia 65 tahun. Sebuah video dari bodycam petugas menunjukkan mereka keluar dari mobil yang memakai pelindung wajah serta masker.

Pejabat kesehatan setempat mengungkapkan bahwa kedua wanita tersebut membawa bukti kartu CDC yang mengkonfirmasi jika mereka telah mendapatkan suntikan kedua.

Sebelum diberikan suntikan vaksin, petugas menemukan keanehan pada mereka, kemudian mereka diperiksa identitas yang ternyata masih berusia 34 dan 44 tahun.

Kedua wanita yang belum diidentifikasi dan tidak menghadapi tuntutan pidana tersebut kemudian ditahan pada hari Rabu.

"Anda tahu apa yang telah Anda lakukan? Anda telah mencuri vaksin dari seseorang yang lebih membutuhkannya daripada Anda dan sekarang Anda tidak akan mendapatkan vaksin kedua," ujar seorang petugas yang menahan wanita tersebut.

Dr Raul Pino dari Departemen Kesehatan Florida mengatakan bahwa mereka berpakaian seperti wanita lanjut usia dengan menggunakan topi, sarung tangan, dan kacamata.

Dr Pino menjelaskan insiden tersebut pada konferensi pers di mana dia memperingatkan orang lain agar tidak mencoba penipuan tersebut.

"Jadi kemarin, kami menemukan wanita muda datang berpakaian seperti nenek untuk divaksinasi untuk kedua kalinya," jelas Dr Pino.

"Saya tidak tahu bagaimana mereka lolos pada vaksin pertama kali, tetapi mereka datang dengan keterangan sudah divaksinasi," sambungnya.

Dr Pino memperingatkan jika pihaknya harus lebih berhati-hati saat akan memberikan vaksin COVID-19.

Negara bagian Florida adalah salah satu yang paling banyak permintaan vaksin COVID-19 setelah penundaan pengiriman karena masalah cuaca.

Gubernur Florida Ron DeSantis telah memprioritaskan vaksin COVID-19 untuk masyarakat yang berusia 65 tahun ke atas.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)