Rabu, 24 Feb 2021 09:35 WIB

Pakai Tali Masker Berisiko, Begini Cara Aman Simpan Masker

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Close up and front shot of white cotton medical mask hung on the neck with strap on the jacket shows the combination of fashion and safety preparation for health, especially in pandemic of flu virus. Para ahli mengatakan penggunaan tali masker justru berisiko menularkan virus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Wonchalerm Rungswang)
Jakarta -

Pemakaian strap mask atau tali masker tengah populer di kalangan muda mudi. Pemakainya menganggap tali masker mempermudah penggunaan masker saat beraktivitas.

Ketika harus membuka masker, pengguna cukup menggantungkan masker di leher dengan bantuan tali tersebut. Cara ini juga dianggap lebih praktis terlebih saat makan.

Hanya saja para ahli mengatakan penggunaan tali justru berisiko menularkan virus. Saat digantung, masker akan mengenai pakaian, yang bisa jadi terkontaminasi virus.

"Naik turunnya masker itu yang kita khawatirkan, terlebih jika jari-jari kita menyentuh bagian luar masker," kata etua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting.

Ada saat di mana orang-orang butuh melepas masker, terutama ketika makan. Saat berada di luar dan harus melepas masker, ada cara aman untuk menyimpannya tanpa harus menggunakan tali masker.

Anne Liu, ahli penyakit menular di Stanford Health Care, mengatakan jika masker dilepas dan tak bisa langsung dicuci karena masih berada di luar rumah, simpan masker kain yang sudah dilipat ke dalam plastik kedap udara. Maka ada baiknya bila kamu juga menyediakan kantong plastik dengan klep penutup yang kedap udara.

Selain kantong plastik, disarankan untuk membawa kantong kertas cokelat sebagai tempat menyimpan masker dengan aman jika berada di luar rumah.

"Kantong sandwich kertas cokelat mungkin ide yang bagus untuk disimpan karena berpori," kata Liu dikutip dari Allure.

Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah cara melepas masker. Pastikan tangan tidak menyentuh bagian luar masker dan selalu bersihkan permukaan tangan sebelum melepas masker.



Simak Video "Penggunaan Tali Masker Tak Disarankan, Ini Risikonya!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)