Kamis, 25 Feb 2021 14:33 WIB

Lagi Rawan Banjir, Bisakah Virus Corona Menular Lewat Air?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran sore ini. Sejumlah motor dan mobil tak luput terendam banjir. Bisakah seseorang terinfeksi COVID-19 karena air banjir? (Foto: Angling Adhitya Purbaya)
Jakarta -

Curah hujan yang tinggi menimbulkan bencana banjir di sebagian daerah Indonesia. Di masa pandemi COVID-19, apakah ada ancaman virus Corona menular lewat air?

Direktur Global Infectious Hazard Preparedness, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Sylvie Briand, menjawab sejauh ini tidak ada bukti bahwa virus Corona dapat menular lewat air. Virus pada umumnya menular lewat percikan liur ketika seseorang bernapas, bicara, atau batuk.

"Air tidak bisa menularkan COVID-19... Jadi bila Anda misalnya berenang di kolam renang atau kolam lainnya, Anda tidak akan terinfeksi COVID-19 dari air," kata Sylvia seperti dikutip dari situs resmi WHO pada Kamis (25/2/2021).

Hal serupa juga diungkapkan oleh ahli teknik lingkungan Krista Wigginton dari University of Michigan. Virus Corona memang bisa terdeteksi di air limbah yang meluap saat banjir, namun kemungkinan virus tersebut sudah tidak mampu lagi menginfeksi manusia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sampai saat ini juga belum menerima laporan ada kasus infeksi COVID-19 karena air banjir.

"Kadang air banjir dapat tercampur dengan limbah. Sampai saat ini CDC belum mendapat laporan virus menyebar karena seseorang tidak sengaja menelan atau terpapar air yang terkontaminasi oleh feses dari orang sakit," tulis CDC di situsnya.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)