Jumat, 26 Feb 2021 20:50 WIB

10 Cara Mengenali Bayi Sedang Bahagia, Salah Satunya Lewat Ekspresi Muka

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Close up of unrecognizable young mother with her crying newborn baby son in sling at home Mengenali emosi bayi (Foto: iStock)
Jakarta -

Bayi yang tidak merasa nyaman mudah dikenali, umumnya ditandai dengan bayi suka rewel dan menangis. Lalu bagaimana mengenali bayi sedang bahagia?

Saat bayi lebih sering menangis, mereka mengomunikasikan perasaan kepada orang tuanya bahwa mereka merasa tidak nyaman, kesakitan, atau lapar.

Tetapi tanda-tanda bahwa bayi bahagia lebih membingungkan. Dikutip dari parents.com, bayi bahkan belum bisa tersenyum hingga mencapai usia satu bulan.

"Ketika seorang anak baru berusia beberapa minggu, cara mereka mengekspresikan diri sangat sederhana. Sulit dibedakan antara puas atau tidak," kata Nicci Schmidt, Manajer Program Penelitian Baby Brain and Behavior Project di Center for Healthy Minds, University of Winsconcin-MadisonNicci.

Bayi belum memiliki kemampuan berbicara sehingga sulit mengungkapkan suasana hatinya dengan bahasa lisan.

Dikutip dari haibunda, berikut 10 tanda bayi sedang bahagia.

1. Menatap wajah

Anda tidak perlu khawatir saat bayi yang baru lahir menatap dengan pandangan yang kosong karena bayi belum bisa meunjukkan ekspresi dari emosi yang positif di wajahnya.

Memandang wajah orang tuanya dapat membuat bayi bahagia. Bayi yang menangis juga akan merasa tenang hanya dengan menatap wajah orang tuanya.

2. Nyaman di pelukan ortu

Ketika bayi mecari kenyamanan dengan menyesuaikan tubuhnya di pelukan ibu, ia akan menemukan ketenangan.

Bahkan dengan metode skin-to-skin yang disarankan Unicef, orang tua dan bayi dapat merasakan ketenangan dan rileks.

3. Mampu menahan tubuh sendiri

Perkembangan yang optimal akan membuat bayi bahagia. Di akhir usia tiga bulan, leher bayi sudah kuat untuk menyangga kepalanya.

Ini adalah tanda otot bayi tumbuh dengan sempurna sehingga bayi mampu memegang kendali atas tubuhnya sendiri.

4. Tidur nyenyak

Pada usia empat bulan, bayi akan belajar memiliki waktu tidur yang teratur. Rutinitas tidur yang teratur dapat menghindari kesulitan tidur. Kesulitan tidur akan membuat bayi rewel dan tidak bahagia.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Cara Pijat Tangan hingga Punggung Bayi yang Benar ala Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)