Jumat, 26 Feb 2021 21:44 WIB

Kemenkes Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai Desember 2021

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Vaksin COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi COVID-19 program pemerintah maupun gotong royong rampung selama satu tahun. Artinya, ada saat jadwal vaksinasi COVID-19 gotong royong dan pemerintah dilaksanakan berbarengan.


"Tentunya karena kita ingin mempercepat kekebalan kelompok dan mengakhiri pandemi, kita akan mengupayakan bahwa seluruh pelaksanaan vaksinasi baik melalui mekanisme gotong royong ataupun vaksinasi pemerintah harus kita selesaikan dalam jangka waktu 1 tahun," tegas juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers Jumat (26/2/2021).

"Yang artinya vaksinasi ini harus bisa kita selesaikan desember 2021," lanjutnya.

Meski begitu, Nadia kembali mengingatkan pelaksanaan dua program vaksinasi yang berbarengan ini tak akan menghambat jalannya masing-masing program. Sebab, jenis vaksin dan fasilitas kesehatan sudah dipastikan berbeda.

Terlebih lagi, menurut Nadia, ketersediaan stok vaksin Corona untuk program gotong royong juga perlu dipastikan terlebih dahulu termasuk emergency use of authorization (UEA) dari BPOM. Hal ini membuat proses persiapan vaksinasi mandiri cukup panjang sebelum bisa digunakan.

"Tentunya akan ada waktu pelaksanaan dilakukan secara bersamaan tetapi kami sampaikan kembali bahwa Permenkes 10 Tahun 2021 yang sudah diterbitkan kemarin," sebut Nadia.

"Bukan berarti menandai pelaksanaan dari vaksinasi gotong royong, masih ada serangkaian persiapan-persiapan yang harus dilakukan terkait ketersediaan vaksin dan tentunya proses2 pelaksanaan lainnya sebelum vaksinasi gotong royong ini akan dimulai," pungkasnya.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)