Sabtu, 27 Feb 2021 06:35 WIB

Alasan Payudara Sering Sakit dan Bengkak Sebelum Menstruasi

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Asian woman checking her breast, self cancer examination concept Payudara nyeri menjelang menstruasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)
Jakarta -

Apakah payudara sering terasa tidak nyaman sebelum mentruasi? Gejala umum yang dihadapi biasanya berupa rasa nyeri dan pembekakan atau bahkan muncul bejolan pada payudara. Gejala tersebut dapat menjadi tanda Anda mengidap penyakit fibrokistik.

Menurut mayoclinic.org, penyakit ini umum ditemukan. Lebih dari setengah perempuan mengidap hal ini, dalam beberapa waktu sebelum periode menstruasi. Namun, penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya.

Walau tidak berbahaya tetapi kondisi tidak nyaman pada payudara jangan disepelekan. Sebab, bisa jadi yang Anda rasakan bukanlah tanda dari fibrokistik.

Hal yang perlu diwaspadai adalah fibrokistik ini dapat membuat pendeteksian kanker payudara menjadi lebih sulit karena gejalanya serupa.

Pada kondisi penyakit fibrokistik ini, area jaringan payudara terjadi penggumpalan. Rasa sakit ini akan parah saat sebelum periode menstruasi. Namun, rasa sakitnya akan menurun saat mentruasi dan setelah menstruasi.

Hasil tinjauan medis oleh Debra Rose Wilson seorang psikolog kesehatan, rasa tidak nyaman ini disebabkan oleh hormon yang berfluktuasi sebelum periode menstruasi yang menyebabkan pembekakan.

Ada dua hormon yang berkontribusi pada penyakit ini yaitu, esterogen dan progesteron. Esterogen menyebabkan saluran payudara membesar. Sedangkan, produksi progesteron menyebabkan kelenjar susu membengkak.

Dikutip dari Mayoclinic, kondisi ini umumnya tidak berbahaya namun disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika ditemukan tanda ini pada payudara:

  • Ada benjolan baru atau penebalan benjolan
  • Terdapat area spesifik yang terus menerus terasa semakin sakit
  • Terdapat perubahan bentuk payudara Anda bahkan setelah siklus menstruasi selesai

Penting juga untuk berkonsultasi ke dokter karena sakit di area payudara juga bisa merupakan tanda-tanda menopause atau penyakit lainnya.



Simak Video "Ladies! Berikut Kriteria Payudara Dikatakan Ideal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)