Sabtu, 27 Feb 2021 19:06 WIB

Paman Tat Meninggal karena Kanker Hati, Kenali Penyebab dan Faktor Risikonya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
3D Illustration Concept of Human Internal Digestive Organ Liver Anatomy Ilustrasi kanker hati. (Foto: Getty Images/iStockphoto/magicmine)
Jakarta -

Kabar duka datang dari aktor legendaris Hong Kong, Ng Man Tat atau 'Paman Tat'. Pria yang sering tampil dalam film komedi yang berperan sebagai Guru Bo Bo Ho ini dikabarkan meninggal dunia setelah menjalani perawatan kanker hati.

Dikutip dari The Standard, kabar tersebut disampaikan oleh rekannya yang bernama Tenky Tin Kai-man. Ia mengatakan, Paman Tat meninggal pada Sabtu (27/2/2021) pukul 17:16 di Union Hospital.

"Dia meninggalkan kita dengan damai," katanya.

Kanker hati merupakan jenis kanker yang gejalanya sering kali tidak terdeteksi. Hal ini terjadi sampai kankernya mencapai stadium lanjut.

Pada beberapa kasus, kanker hati ini kerap disamakan dengan hepatitis. Tetapi, penyakit ini bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki penyakit mendasar dan tidak jelas apa penyebabnya.

Dikutip dari WebMD, ada beberapa kondisi yang kemungkinan menjadi penyebab kanker hati tersebut. Misalnya seperti kecacatan dari lahir, mengkonsumsi alkohol, atau infeksi kronis.

Adapun beberapa risiko yang bisa menjadi faktor penyebab kanker hati yang dikutip dari Mayo Clinic, seperti:

  • Adanya infeksi kronis akibat virus hepatitis B atau hepatitis C.
  • Sirosis atau kondisi progresif yang menyebabkan jaringan parut pada hati dan bisa meningkatkan kemungkinan penyakit kanker hati.
  • Adanya penyakit bawaan tertentu yang berkaitan dengan hati, seperti hemochromatosis.
  • Diabetes, orang dengan penyakit ini lebih berisiko terkena kanker hati.
  • Terjadi penumpukan lemak pada hati.
  • Obesitas
  • Konsumsi alkohol berlebihan dalam waktu yang lama.


Simak Video "Cara Tingkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 yang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)