Selasa, 02 Mar 2021 17:46 WIB

Varian Corona B117 Ditemukan di RI, Ini Pesan Satgas COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/PS3000)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono sebelumnya mengumumkan temuan dua kasus varian virus Corona B117. Varian yang pertama kali dilaporkan oleh Inggris ini jadi perhatian karena sifatnya yang lebih mudah menular dan belakangan disebut juga berpotensi berkaitan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Juru bicara Satgas Pengendalian COVID-19, Wiku Adisasmito, mengonfirmasi kabar tersebut. Ia menjelaskan temuan kasus B117 akan segera ditindaklanjuti dengan penelusuran dan pengetatan pintu masuk Indonesia untuk mencegah varian menyebar luas.

"Untuk saat ini petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat, termasuk kementerian lembaga terkait bersama satgas, akan terus melakukan monitoring dan evaluasi implementasi di lapangan," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Selasa (3/2/2021).

Wiku mengimbau agar masyarakat juga semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ditemukannya varian Corona B117 ini.

"Disiplin protokol kesehatan sebagai bagian dari perubahan perilaku di masa pandemi ini harus semakin kita galakan. Mengingat telah ditemukannya kasus mutasi baru COVID-19, yaitu B117 yang berasal dari Inggris," ungkap Wiku.

"Merupakan tanggung jawab kita semua untuk mencegah penularan terjadi di tengah masyarakat," pungkasnya



Simak Video "Varian Corona Inggris Bermutasi Lagi, Namanya E484K"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)