Selasa, 02 Mar 2021 19:04 WIB

Setahun Corona, Ini 5 Hoax Cara Bunuh COVID-19 yang Tak Perlu Lagi Dipercaya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
The close up shot of the dropper and the brown glass bottle. Beberapa hoax soal cara membunuh virus Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sudah setahun Corona menyerang Indonesia. Selama itu juga beragam informasi hoax atau tidak benar terkait cara untuk mencegah bahkan membunuh virus Corona menyebar luas.

Meski begitu, sebagian orang masih percaya terhadap informasi-informasi tidak benar yang bisa saja tidak ada efeknya atau mungkin membahayakan diri seseorang.

Berikut sederet informasi hoax terkait cara mencegah dan membunuh virus Corona yang telah dirangkum detikcom.

1. Makan bawang putih bisa cegah COVID-19

Saat virus Corona mulai terdeteksi di Indonesia, sempat beredar informasi yang menyebut makan bawang putih bisa mencegah infeksi akibat virus Corona. Tetapi, belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa membuktikan cara ini bisa melindungi diri dari COVID-19.

Meski mengkonsumsi bawang putih tidak berbahaya, tetapi jika berlebihan bisa membahayakan kesehatan manusia.

2. Minum air putih tiap 15 menit bisa basmi virus Corona di mulut

Di media sosial juga beredar informasi yang disebut mengutip dari 'seorang dokter Jepang' yang merekomendasikan minum air putih per 15 menit. Hal ini dilakukan untuk membasmi virus yang ada di dalam mulut.

Namun, info tersebut dibantah oleh Profesor Trudie Lang dari Oxford University. Ia mengatakan tidak ada mekanisme biologis yang mendukung bahwa minum air putih dalam waktu tertentu bisa membasmi virus, termasuk virus Corona.

3. Mandi air panas untuk bunuh virus

Hoax lainnya yang beredar juga sempat menyebutkan bahwa mandi air panas bisa membunuh virus yang ada di tubuh. Tapi, lagi-lagi informasi ini tidak sepenuhnya benar.

Profesor Bloomfield mengatakan, mandi air panas sama sekali tidak bisa membunuh virus Corona. Menurutnya, setelah virus masuk ke dalam tubuh, tidak ada cara lain untuk membunuhnya kecuali antibodi orang itu sendiri.

"Untuk membunuh virus, Anda membutuhkan suhu lebih dari 60 derajat Celcius," lanjut Profesor Bloomfield yang dikutip dari BBC.

Selain itu, beredar juga hoax soal ramuan yang disebut bisa membasmi Corona. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]