Jumat, 05 Mar 2021 09:56 WIB

Fakta-fakta B.1.1.317, Varian Terbaru Corona Rusia yang Gemparkan Australia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Russia coronavirus invasion crisis abstract background. Varian Corona Rusia gemparkan Australia (Foto: Getty Images/iStockphoto/Darryl Fonseka)
Jakarta -

Berbagai varian baru virus Corona bermunculan. Terbaru, Australia melaporkan temuan kasus terkait varian terbaru asal Rusia, B.1.1.317.

Sedikitnya ada dua kasus yang dilaporkan terkait varian tersebut. Keduanya ditemukan di Queensland, di sebuah hotel yang menjadi tempat karantina warga Australia yang baru pulang dari luar negeri.

Apa itu varian Rusia?

Dikutip dari ABC.net.au, saat ini belum banyak yang diketahui tentang varian baru ini. Namun diketahui, varian ini bersirkulasi di Inggris, Thailand, dan Swiss sejak awal Desember tahun lalu.

Nama resminya adalah B.1.1.317.

Kenapa disebut varian Rusia?

Prof Peter Collignon dari ANU Medical School menjelaskan, nama varian baru biasanya diambil dari wilayah tempat varian tersebut pertama kali ditemukan. Sementara itu Dr Kirsty Short dari University of Queensland mengatakan, varian Rusia yang ditemukan pertama di Rusia belum tentu muncul pertama kali di wilayah tersebut.

Apakah lebih menular?

Profesor kesehatan masyarakat dari Queensland University of Technology (QUT), Gerry Fitzgerald, menjelaskan bahwa varian baru umumnya memang lebih menular. Namun tidak serta merta bisa diartikan lebih berbahaya.

Vaksin masih manjur?

Belum bisa dipastikan karena belum banyak yang diketahui tentang varian baru ini. Namun menurut Prof Fitzgerald, bukti-bukti yang ada saat ini menunjukkan vaksin masih bekerja. Tapi tetap harus wait and see.

"Sampai kita menemukan varian yang tidak merespons vaksin, itu baru jadi masalah," katanya.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)