Minggu, 07 Mar 2021 17:15 WIB

Vaksin Corona Mana yang Paling Ampuh Lawan COVID-19? Ini Kata Wamenkes

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menerima Vaksin COVID-19 Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Ada begitu banyak jenis vaksin Corona yang sudah tersedia saat ini. Tingkat efektivitasnya dalam melawan COVID-19 pun berbeda-beda.

Vaksin Corona mana yang paling terbaik?

Menurut Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono, jenis vaksin Corona yang terbaik adalah vaksin yang bisa segera didapatkan, sehingga dapat melindungi diri COVID-19.

"Jawaban saya, bukan sebagai siapa di Kementerian Kesehatan, tapi sebagai dokter yang sehari-hari bertemu dengan pasien adalah vaksin apa pun yang terbaik asalkan Bapak dan Ibu dapat divaksin, itulah yang terbaik," kata dr Dante dalam sebuah webinar, Minggu (7/3/2021).

dr Dante mengatakan, beredarnya informasi mengenai variasi efektivitas vaksin dari berbagai merek membuat kita lupa bahwa semua vaksin Corona yang telah mendapat izin penggunaan itu sudah terbukti kemanjurannya.

"Seluruh penelitian uji klinis dan paper yang telah terpublikasi, vaksin terbukti secara statistik signifikan dalam menurunkan risiko dirawat atau kematian akibat COVID-19," jelasnya.

"Dari 7 uji klinis vaksin yang besar, seperti Pfizer, Moderna, Johnson & Johnson, Novavax, AstraZeneca, Sputnik V, Sinovac terbukti efektif untuk mencegah komplikasi COVID-19," ungkapnya.

dr Dante pun mengatakan, andaikan infeksi virus Corona hanya menyebabkan gejala ringan yang tidak berbahaya atau mematikan, tentu negara-negara tak akan sibuk melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warganya.

Lebih lanjut, kata dr Dante, vaksin Corona memang tidak dapat mencegah infeksi, namun berkat kekebalan yang didapat dari vaksinasi membuat kita tak akan mengalami infeksi parah apabila terkena COVID-19.

"Hal ini membuat kami yakin bahwa vaksinasi ini penting bagi kita semua apa pun mereknya," tuturnya.



Simak Video "Wamenkes Tegaskan Vaksinasi COVID-19 Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)