Senin, 08 Mar 2021 06:30 WIB

2 Alasan Kenapa Harus Pakai Masker Rangkap

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Masker (Foto: iStock)
Topik Hangat Tren Masker Rangkap
Jakarta -

Banyak cara yang dapat dilakukan guna mencegah diri dari tepapar virus corona COVID-19. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker.

Terdapat beberapa jenis masker yang terbukti efektif untuk mencegah penyebaran virus diantaranya adalah masker kain, masker bedah, dan KN95. Maker tersebut sudah diuji mampu menangkal virus.

Tetapi dengan angka penyebaran yang tetap terus naik, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan masker rangkap atau double masking.

Penggunaan masker rangkap disarankan oleh CDC karena dipercaya mampu menurunkan risiko penularan hingga 90 persen. Dikutip dari Healthline berikut alasan kenapa harus pakai masker rangkap.

1. Ukuran akan lebih pas pada wajah

Dengan beragamnya jenis masker yang tersedia dan dapat ditemukan di pasaran, tidak semua dari semua jenis itu memiliki ukuran yang pas pada wajah tiap orang.

Ciri-ciri ukuran masker yang tidak pas atau tidak tepat adalah dengan ditemukannya udara keluar masuk melalui sisi-sisi masker saat menghirup dan menghembuskan napas.Penggunaan masker rangkap dapat membantu maker yang digunakan lebih pas pada wajah.

Dengan menggunakan masker rangkap, masker pada lapisan terluar akan memberikan tekanan pada masker bagian dalam. Sehingga, masker yang semula tidak pas pada wajah karena mendapatkan tekanan dari masker lapisan terluar menjadi pas di wajah.

Lagi Ngetren Pakai Masker Rangkap, Begini Anjuran Satgas COVID-19Lagi Ngetren Pakai Masker Rangkap, Begini Anjuran Satgas COVID-19 Foto: infografis detikHealth

2. Meningkatkan filtrasi

COVID-19 menyebar melalui droplets atau tetesan lendir pernapasan yang disebarkan oleh orang yang tertular atau membawa virus. Fungsi masker adalah untuk menyaring tetesan tersebut sebelum tersebar.

Agar orang tidak terpapar virus, masker menjadi proteksi dari terhirupnya tetesan yang membawa virus corona.

Penggunaan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan dihembuskan. Hal ini dipercaya efektif karena makser rangkap menggandakan lapisan material yang harus dilalui oleh tetesan.

Jika menggunakan masker kain, CDC menyarankan masker rangkap diaplikasikan dengan menggunakan masker setidaknya dua atau tiga lapisan kain.

Penggunaan masker rangkap yang disarankan CDC adalah dengan melapiskan masker kain di atas masker bedah.



Simak Video "Hasil Simulasi Superkomputer Jepang, Pakai Dua Masker Kurang Efektif"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Tren Masker Rangkap