Senin, 08 Mar 2021 19:42 WIB

5 Tanda Kehamilan yang Terabaikan, Salah Satunya Keluar Bercak Darah

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi Ibu Hamil Tanda-tanda kehamilan (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Bagi para wanita yang tengah menanti kehamilan, munculnya bercak darah sering kali membuat kecewa. Padahal, hal tersebut bisa saja salah satu tanda kehamilan, lho.

Keluarnya darah dari vagina merupakan salah satu fase awal kehamilan. Kondisi tersebut dinamakan pendarahan implantasi, yakni pendarahan ringan yang terjadi saat sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim.

Bercak darah yang biasanya muncul pada masa awal kehamilan ini umumnya berwarna coklat atau merah muda. Selain itu, keluarnya darah di fase awal kehamilan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit yang menyiksa seperti pada saat menstruasi. Hal inilah yang membedakan pendarahan implantasi dengan menstruasi.

Waktu terjadinya pendarahan implantasi dapat berbeda pada setiap wanita. Tetapi, umumnya pendarahan ini terjadi sekitar sembilan hari setelah terjadi pembuahan di dalam rahim. Namun, ada pula yang mengalaminya satu hingga dua minggu pasca pembuahan. Terdapat banyak kasus wanita yang mengalami pendarahan implantasi sebelum siklus menstruasinya.

Tahapan pendarahan implantasi ini terjadi usai sel telur dibuahi oleh sperma, di mana pembagian sel terjadi sampai telur yang dibuahi menjadi blastocyst, yakni embrio yang berusia sekitar enam hari. Blastocyst kemudian akan melakukan perjalanan selama satu hari untuk menuju rahim, akhirnya hal inilah yang menyebabkan terjadinya pendarahan implantasi.

Dikutip dari laman Firstcry Parenting, terdapat tiga tahap perjalanan embrio hingga terjadi kehamilan, yaitu:

  • Adplantation, yakni ketika embrio berusia sekitar satu minggu, lalu menempelkan dirinya ke dinding rahim
  • Adhesi, yaitu embrio yang mulai menembus dinding rahim untuk mengencangkan dirinya dengan aman
  • Invasi, yaitu fase akhir di mana embrio mulai menanamkan dirinya pada dinding rahim.

Perlu diketahui bahwa tidak semua wanita mengalami tanda kehamilan seperti pendarahan implantasi ini. Oleh sebab itu, bagi wanita yang tidak merasakannya, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tes kehamilan.

Selain pendarahan, apa saja tanda dan tanda-tanda kehamilan lainnya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)