Senin, 15 Mar 2021 14:49 WIB

Ini Skema Pemberian Vaksin COVID-19 untuk Calon Jemaah Haji

Firdaus Anwar - detikHealth
Muslim pilgrims pray on top of the rocky hill known as Mountain of Mercy on the Plain of Arafat during the annual hajj pilgrimage near the holy city of Mecca, Saudi Arabia, Thursday, July 30, 2020. Only about 1,000 pilgrims will be allowed to perform the annual hajj pilgrimage this year due to the virus pandemic. (Saudi Ministry of Media via AP) Pelaksanaan haji tahun 2020 dilakukan terbatas, hanya untuk jemaah lokal. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi semua orang yang akan melaksanakan haji di tahun 2021. Tujuannya untuk menghindari penularan penyakit COVID-19 yang rentan terjadi ketika ada banyak orang berkerumun di satu tempat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, menjelaskan bahwa saat ini sudah mulai dilakukan proses vaksinasi COVID-19 calon jemaah haji. Vaksinasi ini dilakukan dengan skema khusus yang sejalan dengan program vaksinasi nasional.

Secara garis besar calon jemaah haji Indonesia dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok lansia di atas umur 60 tahun dan kelompok masyarakat rentan.

Sesuai program vaksinasi nasional, kelompok lansia mendapat prioritas pemberian vaksin COVID-19 dalam program nasional sejak bulan Maret. Di dalamnya termasuk para calon jemaah haji lansia.

"Fokus penyuntikan para pejabat publik dan lansia, termasuk juga calon jemaah haji kita. Sehingga sebagian jemaah haji yang lansia sudah dilakukan vaksinasi sejak awal Maret lalu," kata Oscar dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (15/3/2021).

Sementara itu calon jemaah haji yang berusia di bawah 60 tahun akan dimasukkan ke dalam kelompok masyarakat rentan. Alasannya karena bepergian ke luar negeri itu sendiri sudah merupakan aktivitas yang berisiko.

"Artinya jemaah haji dapat dikatakan masyarakat rentan karena tadi, melakukan perjalanan ke luar negeri yang berisiko terhadap penularan COVID-19. Apalagi mereka melakukan perjalanan udara dengan masa terbang lebih dari tiga jam," papar Oscar.

Rencananya calon jemaah haji dalam kelompok masyarakat rentan akan divaksinasi COVID-19 pada bulan April-Mei. Oscar memperkirakan seluruh calon jemaah haji akan selesai mendapat vaksin di bulan Mei.

"Dapat dipastikan insyaallah jemaah haji indonesia akan kita selesai vaksinasi pada bulan Mei nanti," pungkasnya.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)