Selasa, 16 Mar 2021 17:48 WIB

Kondisi Fisik Juga Jadi Pertimbangan Vaksin Malam di Bulan Ramadhan

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 untuk pedagang, PKL dan pekerja sektor informal digelar secara massal di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Total ada 19.900 pedagang yang akan divaksin. Vaksin COVID-19 (Foto: PIUS ERLANGGA)
Yogyakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Vaksinasi COVID-19 akan dilakukan termasuk di Ramadhan atau bulan puasa nanti. Terkait hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY akan melaksanakannya dalam 2 sesi.

"Ya kita upayakan tetap (vaksinasi COVID-19) dilaksanakan tapi cuma memang berubah (jam vaksinasinya)," kata Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (16/3/2021).

Nantinya, Pembajun menyebut vaksinasi saat bulan Ramadhan akan berlangsung saat pagi dan malam hari saja. Semua itu untuk menyesuaikan kondisi peserta yang tengah berpuasa.

"Kalau tengah siang kan kasihan juga yang datang dan petugasnya juga kasihan. Jadi mungkin kita laksanakan pagi satu sesi dan mungkin sesi berikutnya setelah buka puasa," katanya.

"Kalau kita tetap melihat kondisi pasien bayangin kalau siang orang sudah lelah, mungkin overheat juga segala macam kasian juga," imbuh Pembajun.

Kalau kita tetap melihat kondisi pasien bayangin kalau siang orang sudah lelah, mungkin overheat juga segala macam kasian jugaKepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie

Kendati demikian, untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut pihaknya masih menunggu fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mengingat belum ada fatwa terkait membatalkan atau tidaknya vaksinasi saat berpuasa.

"Jadi mungkin pagi habis sahur. Cuma memang ada mungkin yang bilang boleh ada yang bilang tidak boleh. Karena itu kita menunggu fatwa MUI aja biar aman buat semua," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menuntaskan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Vaksinasi COVID-19 pun akan dilakukan termasuk di Ramadhan atau bulan puasa nanti.

Pada bulan Ramadhan, vaksinasi COVID-19 akan dilakukan pada siang dan malam. Diketahui, umat Islam akan menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan, yang diperkirakan akan dimulai pada April nanti.

"Kemudian bulan puasa, bulan puasa mungkin kita akan tetap vaksinasi, tapi di malam hari. Kemudian yang di siang hari di daerah nonmuslim," kata Jokowi dalam rekaman video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2/2021).



Simak Video "Selama Ramadhan, Jam Operasional Pos Vaksinasi akan Dikurangi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)