Rabu, 17 Mar 2021 23:23 WIB

Posisi Bayi Sungsang, Bisakah Persalinan dengan Bidan?

Ardela Nabila - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Bayi sungsang (Foto: iStock)
Jakarta -

Bayi sungsang yang akan segera lahir tentunya membutuhkan penanganan khusus. Ternyata, melahirkan bayi sungsang tidak bisa ditangani oleh seorang bidan, lho.

Secara umum, saat usia kehamilan memasuki masa 36 minggu atau menjelang waktu persalinan, posisi kepala bayi sudah berada di bawah agar mempermudah bayi memasuki jalan lahir. Sementara itu, pada bayi sungsang, posisi bayi berada dalam posisi yang tidak optimal untuk bisa melewati jalan lahir.

Artinya, jika bayi sungsang hanya dilakukan melalui persalinan normal, maka hal tersebut bisa berisiko. Menurut seorang bidan bernama Dini Octavia Kusuma Wardani, Amd, Keb, ST, MM, sungsang merupakan kondisi patologi yang dialami bayi saat berada di dalam kandungan.

Disebutkan, hanya dokter yang memiliki wewenang untuk menangani proses persalinan bayi sungsang, sedangkan bidan tidak memiliki wewenang tersebut.

Untuk persalinan bisa ditolong oleh bidan jika benar-benar fisiologi. Bidan tidak boleh menangani kondisi patologi. Posisi bayi sungsang termasuk patologi dan bukan wewenang bidan, kecuali ada kerja sama dengan dokter kandungan," kata Dini, dikutip dari HaiBunda.

Dini mengatakan, bahwa seorang ibu hanya bisa melahirkan bayinya di bidan jika ibu serta bayinya dalam kondisi normal. Biasanya, sebelum melahirkan di bidan, ibu akan terlebih dahulu menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi skrining awal di laboratorium yang juga termasuk tes darah untuk mendeteksi hepatitis dan HIV, posisi bayi dalam kandungan, dan kesehatan ibu guna memastikan apakah persalinan dapat dilakukan di bidan.

"Hasil laboratorium di awal kehamilan trimester satu dan tiga bagus, pemeriksaan normal tidak ada kelainan patologis, itu bisa ditolong bidan. Kalau ada tanda-tanda preeklampsia berat, sungsang, ketuban pecah dini, ibu darah tinggi, bidan tidak bisa menanganinya. Tapi, mungkin bisa kolaborasi dengan dokter kandungan kalau ada izin praktik dengan dokter," pungkas Dini.

Selain bayi sungsang, ternyata bidan juga tidak bisa menjalani operasi caesar, lho. Mengapa begitu?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)