Kamis, 18 Mar 2021 19:45 WIB

Kebiasaan Tidur Kamu Sudah Sehat? Ini Cara Menilai Kualitas Tidur

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi Wanita Tidur Sendiri Kualitas tidur sudah baik? Begini cara menilainya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta berolahraga. Pasalnya, tidur cukup juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang.

Saat tidur sistem imun dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Dengan mendapatkan cukup tidur berkualitas di malam hari, yakni selama 7-9 jam, maka seseorang dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Di sisi lain, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya sistem imunitas tubuh, sehingga respons imun juga menjadi terganggu. Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi terjadinya perubahan mood atau suasana hati, nafsu makan, kesehatan kulit, hingga daya ingat.

Menurut dr Andreas Prasadja, RPSGT, dari Snoring & Sleep Disorder Clinic di Rumah Sakit Mitra Kemayoran, kualitas tidur seseorang dapat dilihat dari persentase tiap tahapan tidurnya.

"Durasi tidur sangat penting, kualitas tidur sangat penting. Kita harus punya komposisi dari tahapan-tahapan tidur, di mana tahap tidur ringan 2-5 persen, tahap tidur sedang sekitar 50 persen, dan tahap tidur dalam 20-25 persen," ujar dr Andreas dalam acara Press Launch Antangin Good Night, Rabu (17/3/2021).

Terdapat pula cara sederhana untuk menentukan baik atau buruknya kualitas tidur seseorang, yakni dengan melihat kondisi tubuh saat bangun tidur dan beraktivitas di siang hari. Disebutkan seseorang dengan kualitas tidur baik tidak lagi membutuhkan stimulan untuk membuatnya tetap berenergi di siang hari.

"Untuk sederhananya, kita tahu apakah tidur kita udah baik atau tidak, (bisa dilihat dari) pada saat bangun segar bugar, siang hari tidak mengantuk, tetap segar penuh vitalitas tanpa perlu stimulan, tanpa kafein, tanpa nikotin," jelasnya.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)