Rabu, 24 Mar 2021 14:47 WIB

Hari TB Sedunia, Wapres Ma'ruf Amin Dorong Suspek COVID-19 Juga Dites TB

Firdaus Anwar - detikHealth
Wapres Maruf Amin (dok. Setwapres) Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ingin upaya pelacakan kasus di Indonesia ditingkatkan. Caranya dengan memperbanyak pemeriksaan orang-orang yang bergejala.

Indonesia diketahui sampai saat ini masih menjadi negara ketiga dengan kasus TB terbanyak di dunia. Dikutip dari data Kementerian Kesehatan, pada tahun 2018 ada sekitar 845.000 orang yang sakit TB dengan 93.000 di antaranya meninggal dunia.

"Sumber daya saat ini terkuras untuk mengatasi pandemi COVID-19. Menyebabkan kapasitas mengatasi TB menjadi jauh berkurang," kata Ma'Aruf Amin saat memberikan sambutan peringatan Hari TB Sedunia yang disiarkan daring di Youtube Kementerian Kesehatan RI, Rabu (24/3/2021).

Ma'Aruf Amin menyebut di tengah situasi pandemi COVID-19, orang-orang yang menunjukkan gejala batuk-batuk juga harus menjalani pemeriksaan TB. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan pelacakan karena gejala COVID-19 dengan TB sekilas bisa mirip.

"Tracing COVID-19 dengan gejala mirip TB seperti batuk juga harus dilanjutkan... Lakukan testing TB meski hasil testing COVID-19 negatif," ungkap Ma'Aruf.

"Tingkatkan intensitas penjangkauan ke masyarakat atau reaching out untuk menemukan pasien tuberkulosis dan memastikannya masuk ke dalam sistem pengobatan tuberkulosis melalui layanan kesehatan yang tersedia," lanjutnya.



Simak Video "Cara Bedakan Penyakit TBC dengan Virus Corona dari Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)