Jumat, 26 Mar 2021 22:04 WIB

Agar Terhindar dari Cacat Janin, Ini Cara Menjaga Kualitas Sel Telur

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Meski bisa dideteksi dini melalui pemeriksaan medis, kondisi cacat janin bisa dihindari sebelum terjadinya kehamilan, lho. Salah satu cara mencegah cacat janin adalah dengan melakukan perencanaan kehamilan yang baik.

Menurut dr Caroline Tirtajasa, Sp OG(K), seorang dokter obgyn, kehamilan dapat terjadi saat sperma dan sel telur saling membuahi. Saat sperma dan sel telur memiliki kualitas yang baik, maka kehamilan akan sehat dan kemungkinan terjadinya cacat pada janin dapat dihindari. Sebab, materi genetik sperma dan sel telur yang berkualitas memang bisa mempengaruhi kehamilan.

"Untuk mendapat materi genetik yang bagus dan kehamilan baik, kualitas keduanya harus bagus," kata dr Caroline, dikutip dari HaiBunda.

Perlu diketahui, penyebab cacat janin terbesar adalah karena kualitas sperma dan sel telur yang tidak baik, yakni sebesar 70-80 persen. Sementara faktor lainnya disebabkan oleh faktor eksternal, seperti konsumsi obat-obatan yang salah pada masa awal kehamilan.

Selain itu, faktor lain yang juga mempengaruhi kejadian cacat janin adalah paparan sinar radiasi. Oleh sebab itu, penting bagi para calon ibu untuk memperhatikan kondisi internal dan eksternal sebelum dan saat masa kehamilan.

"Awal kehamilan atau 5 minggu ke atas, pembentukan organ tubuh terjadi pada janin. Tahap awal ini rentan terhadap obat tertentu, paparan sinar radiasi, dan obat kemoterapi. Itulah mengapa ibu hamil enggak boleh sembarangan minum obat dan tidak boleh di rontgen. Rontgen dapat menginduksi terjadinya cacat janin," pungkas dr Caroline.

Dengan melakukan perencanaan kehamilan tiga bulan sebelumnya, para orang tua bisa mendapatkan kualitas sperma dan sel telur yang bagus, lho. Dijelaskan oleh dr Caroline, sel benih yang diproduksi pada hari ini tidak bisa dibuat dengan cara instan.

Pada tiga bulan perencanaan kehamilan, para pasangan harus menerapkan gaya hidup sehat dan berkomitmen untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu terjadinya cacat janin. Lalu, apa saja sih gaya hidup sehat untuk mendapatkan kehamilan yang sehat?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)