Senin, 29 Mar 2021 07:12 WIB

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh Dilakukan di Rumah

Yuniviar Ekawati - detikHealth
Woman has Tooth Ache Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, terkadang ada saja hambatan untuk datang ke dokter gigi terlebih di kondisi pandemi COVID-19 ini.

Untuk mengatasi sakit gigi saat di rumah, berikut ini tips obat sakit gigi alami yang ampuh dikutip dari Healthline.

1. Air garam

Berkumur dengan larutan air garam dapat menjadi pertolongan pertama yang efektif bagi banyak orang. Ini karena air garam merupakan disinfektan alami dan dapat melonggarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Selain itu, pada penelitian yang dilakukan Nam Cong-Nhat Huynh bersama rekan-rekannya, ditemukan berkumur dengan larutan sodium chloride atau air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut.

Untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi, gunakan larutan air garam sebagai obat kumur dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

2. Kompres air dingin

Mengompres dengan air dingin ternyata mampu menghilangkan rasa sakit gigi. Kompres dingin akan menyebabkan pembuluh darah pada bagian area yang trauma menjadi mengerut. Hal ini membuat rasa sakit mereda.

Suhu yang dingin memang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, seperti dikutip dari Mayo Clinic.

Untuk mengurangi sakit gigi, dapat dengan memegang kantong es yang dibungkus menggunakan handuk setidaknya selama 20 menit. Ulangi mengompres area yang sakit setiap beberapa jam.

3. Bawang putih

Menurut penelitian yang dilakukan Leyla Bayan dan rekan-rekannya, bawang putih diketahui dapat membunuh bakteri berbahaya dalam mulut yang dapat menyebabkan plak gigi. Selain itu, bawang putih dapat digunakan sebagai pereda nyeri.

Untuk pengobatan sakit gigi, hancurkan satu siung bawang putih dan oleskan pada area yang terasa nyeri. Selain itu, penggunaannya juga dapat dengan cara mengunyah satu siung bawang putih secara perlahan.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu dalam menyembuhkan luka. Pada penelitian yang dilakukan Denise R P Vieira dan rekan-rakannya, ternyata daun jambu biji juga memiliki antimikroba yang dapat membantu merawat area mulut.

Penggunaan daun jambu biji ini adalah dengan dikunyah beberapa lama. Jika tidak nyaman, dapat juga digunakan sebagai obat kumur dengan memasukan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke dalam air mendidih.

5. Minyak cengkeh

Minyak yang berasal dari cengkeh dapat menjadi antiseptik alami karena mengandung eugenol yang dapat mematikan rasa sakit gigi dan mengurangi peradangan.

Minyak cengkeh digunakan dengan meneteskannya ke bola kapas dan oleskan pada area yang terasa nyeri. Selain itu juga, minyak cengkeh dapat dijadikan obat kumur dengan meneteskannya ke dalam segelas air.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)